Metropolis

Ombak Tinggi dan Cuaca Buruk, Pelayaran Tujuan Anambas Ditunda

Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, cuaca ekstrim beberapa hari terakhir membuat pelayaran ke Anambas ditunda sementara. (F . Rengga Yuliandra/Batam Pos)

batampos.id – Pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) tujuan Anambas masih ditunda untuk sementara waktu. Alasannya, cuaca ekstrim di perairan Anambas sejak beberapa hari terakhir.

BACA JUGA:
Waspada Cuaca Buruk, KSOP Prioritaskan Keselamatan Penumpang

Humas Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Kota Batam Anina Solmidas mengatakan, penundaan ijin berlayar lantaran kondisi cuaca diperairan Anambas masih diselimuti gelombang tinggi dan curah hujan serta angin kencang.

Advertisement

Bahkan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai tiga hingga lima meter.

“Pelayaran kapal dari Batam tujuan Anambas masih tunda pelayaran, gelombang masih tinggi, kondisinya masih berstatus merah,” kata Aina, Kamis (14/1/2021).

Disebutnya, penundaan pelayaran kapal itu dilakukan demi keselamatan penumpang dan arus pelayaran. Tentu utuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Bahkan penundaan arus pelayaran kapal tujuan Anambas sudah berlangsung dalam sepekan.

“Pelayaran tiap hari Selasa, Jum’at, Minggu, kapal MV. Putri Anggreni 05. Tanggal 5 Januari terakhir berangkat ke Tarempa, sampai Batam tanggal 6 Januari,” ujarnya.

BACA INI JUGA:
Cuaca Buruk, Satu Rumah Tertimpa Longsor di Tibankampung

Kemudian pada 8 Januari lalu, mereka kembali mengajukan keberangkatan. Namun karna cuaca buruk KSOP menunda ijin untuk berlayar.

Bahkan dilanjutkan Aina, belum diketahui kapan pelayaran kapal tujuan Anambas diijinkan lepas tambat. KSOP hingga saat ini masih menunggu perubahan kondisi cuaca yang kian hari terus memburuk.

“Selain untuk Anambas, pelayaran ke berbagai pulau lainnya berjalan lancar. Jarak pandang masih aman, untuk gelombang dan angin tinggi dan 10-30kts,” pungkas Anina. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak