headline

P-Care, Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi BPJS Kesehatan (F Alfian Rizal/Jawa Pos)

batampos.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyiapkan aplikasi Primary Care (P-Care). Aplikasi ini mempermudah proses pelayanan peserta, sekaligus mendata masyarakat yang telah divaksinasi.

Kepala Bidang SDM dan Umum BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam, Irfan Racmadi mengatakan peranan BPJS Kesehatan dalam proses vaksinasi hanya sebagai pendata. Karena itu, pihaknya telah menyiapkan aplikasi P-care.

Dicontohkannya, jika ada warga yang divaksinasi di rumah sakit atau faskes, maka akan langsung masuk data P-Care.

Advertisement

“Kami menyiapkan apliasi yang nantinya akan digunakan untuk data warga yang divaksinasi, ” terang Irfan kepada Batam Pos, kemarin.

Disinggung terkait apakah BPJS menyiapkan vaksin untuk pesertanya, menurut Irfan kewenangan vaksin ada di Dinas Kesehatan Kota Batam. Pihaknya hanya sebagai pendata jika proses vaksin itu sudah dilaksanakan.

“Kami hanya mendata, kewenangan dimana lokasi vaksin itu juga di Dinas Kesehatan, begitu juga siapa saja yang mendaapt vaksin, ” terang Irfan.

Pcare merupakan aplikasi BPJS Kesehatan yang menyediakan akses peserta asuransi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Nah FKTP ini mempunyai peran sebagai gatekeeper yang memungkinkan petugas kesehatan dapat menangani 144 diagnosis penyakit yang diderita pasien JKN-KIS.

Namun jika FKTP merasa sudah tidak dapat menangani pasien lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL). Maka pasien akan mendapat penanganan yang lebih lengkap sesuai kebutuhan medisnya. (*)

Reporter: Yashinta
Editor: Chahaya Simanjuntak