Covid-19

Pemerintah Beri Santunan Rp 15 Juta Kepada Keluarga Korban Covid-19

batampos.id – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan santunan kematian bagi ahli waris dari kalangan miskin dan rentan yang keluarganya meninggal dunia akibat Covid-19. Kebijakan ini diambil untuk mengurangi beban kelurga yang ditinggal.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam Hasimah mengatakan, dalam hal ini Dinsos Batam mengajukan permohonan ke Provinsi, kemudian Dinsos Provinsi Kepri mengajukan permintaan ke Kemensos sesuai persyaratan yang harus dilengkapi.

“Nantinya Kemensos memberikan bantuan santunan kematian pada ahli waris sebesar Rp 15 juta per orang yang meninggal sebagai bentuk perhatian dan belasungkawa negara,” kata Hasimah, Kamis (14/1/2021).

Advertisement

Pemberitahuan ini nantinya akan disampaikan secara berjenjang, mulai dari pusat ke Provinsi, dan baru dilanjutkan ke daerah, kabupaten kota masing-masing.

Ditambahkan Hasimah, untuk di Kota Batam sendiri, sepanjang tahun 2020 ada tujuh berkas yang dikirimkan ke Kemensos dan di tahun 2021 ini ada satu berkas yang dikirim untuk mendapatkan bantuan santunan.

“Untuk pencairannya langsung dikirim dari Kemensos ke rekening masing-masing ahli waris. Kita hanya mendapat laporan saja,” ungkap Hasimah. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak