Karimun

Perbaikan Pipa Rampung, Waduk Terisi Air, PDAM Cabang Kundur Segera Distribusikan Air ke Pelanggan

Sejumlah pekerja sedang memperbaiki pipa induk milik PDAM Tirta Karimun cabang Tanjungbatu, Kundur. (f.imam/batampos.id)

batampos.id – Perbaikan jaringan pipa induk PDAM Tirta Karimun sudah rampung. PDAM Tirta Karimun cabang Tanjungbatu, Kundur segera distribusikan air ke pelanggan. Hal ini setelah cukup lama PDAM tidak lagi beroperasi akibat berkurangnya debit air dalam waduk juga ada kerusakan pipa induk.

BACA JUGA: 7 Bulan Pelanggan PDAM Tirta Karimun di Kundur Tak Kunjung Mendapatkan Air Bersih

Pernyataan disampaikan kepala cabang PDAM Tirta Kepri Tanjungbatu Kundur Arman,kemarin. Lebih lanjut dikatakan debit air dalam waduk utama di Tempan, Desa Lubuk saat ini sudah terisi air. Diperkirakan dapat bertahan hingga tiga bulan ke depan.

Advertisement

“Alamdulillah pekerjaan perbaikan pipa sudah selesai, tinggal pengujian kualitas air, perawatan dan pemeliharaan mesin pompa. Kita upayakan bulan depan air sudah dioperasikan, ” terang Arman, Kamis (14/1/2021).

Sebelumnya Arman juga mengatakan jika pasokan air ke rumah pelanggan dihentikan. Alasan penghentian distribusi air disebabkan sumber air baku dalam waduk Tempan desa Lubuk kering. Bahkan penghentian distribusi air bersih ke rumah pelanggan terhitung sejak awal Juni 2020 hingga sekarang.

Disebutkan air bersih yang dikelola PDAM Tirta Karimun cabang Tanjungbatu selama ini hanya tergantung pada curah hujan. Jika musim hujan dipastikan debit air dalam waduk akan penuh sehingga distribusi air lancar. Sebaliknya jika memasuki musim kemarau dan curah hujan kurang maka waduk di Tempan kondisi kering. (*)

Reporter: Imam Sukarno
Editor: Tunggul