Covid-19

Vaksin Covid-19 Disimpan di Ruangan UPT Instalasi Farmasi Dinkes Batam

Tim memeriksa ruangan UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Batam tempat dimana vaksin Covid-19 disimpan. (F Rengga/Batam Pos)

batampos.id – Sebanyak 11.120 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Batam, Rabu (13/1). Vaksin yang diambil dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri itu disimpan di UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam.

BACA JUGA:
11.120 Vaksin Covid-19 Tiba di Batam

Kepala UPT Instalasi Farmasi Dinkes Kota Batam Nurliyasman mengatakan, setiba di Batam, Vaksin Sinovac disimpan di ruangan khusus berpendingin dengan suhu 8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19 Sinovac.

Advertisement

“Diaini kita fokus penyimpanan, agar suhu vaksin tetap terjaga,” katanya.

Nurliyasman mengaku belum mengetahui kapan akan dimulai vaksinasi. Namun begitu ia menyebutkan, pencanangan pemberian vaksin baru akan disusun jadwalnya oleh pemerintah daerah pada 15 Januari 2020 ini.

“Kita masih menunggu arahan pimpinan,” tambahnya.

Bagaimana proses vaksinasi nantinya, apakah langsung dilakukan di UPT Instalasi Farmasi, Nurliyasman mengaku, akan diambil langsung oleh pihak penerima vaksin.

“Kemungkinan akan diambil disini. Karena kita tak menyediakan alat dan tenaga Vaksinator,” beber Nurliyasman.

Pantauan Batam Pos di UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan, vaksin tiba sekira pukul 15.30 WIB. Vaksin diantar langsung oleh Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, Kapolresta Barelang, Dandim dan Kepala Balai POM Kota Batam.

Setiba di UPT, vaksin yang tersimpan dalam enam box besar itu langsung dibawa ke lantai dua UPT. Ruangan 5×5 meter di UPT disiapkan menjadi ruang penyimpanan. Temperatur ruangan juga ditetapkan guna menjaga kestabilan vaksi Covid-19 tersebut.

Selain itu aparat kepolisian dan TNI ikut menjaga vaksin di Gedung UPT. Proses penjagaan selama 24 jam dengan beberapa personil aparat keamanan. “Kita jaga 24 jam disini,” ujar salah seorang aparat kepolisian. (*)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak