Zetizen

Anti-Boring Selama Quarantine

batampos.id – Sadar nggak kalau konten di media sosial gitu-gitu aja? Kalau bukan gosip, ya berita hoaks, yang ujung-ujungnya cuma bikin kita terus bertanya-tanya, ”Kapan ya pandemi berakhir?”. Nah, daripada termakan berita yang belum pasti, mending kamu cari inspirasi baru dari hal-hal positif yang dibagikan para influencer berikut di akun media sosial mereka! (sak/c12/rat)

Ernest Prakasa for zetizen

Ernest Prakasa
@ernestprakasa

”Awas dibercandain semesta!” Tenang, melucu nggak berarti nggak bisa serius kok! Selama pandemi seperti sekarang, hal baik bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, membuka peluang untuk pebisnis lokal mencapai target pasar seperti yang dilakukan banyak influencer Instagram belakangan ini.

Salah satunya, Ernest Prakasa. Dia memulai #MakanApaHariIni di Instagram sejak awal pandemi. Inisiatif ini dilakukannya untuk mengajak pebisnis lokal bekerja sama dalam mempromosikan produk. Ernest nggak memungut biaya sedikit pun alias gratis. Sebab, misinya adalah mengenalkan dan mengembangkan bisnis lokal ke masyarakat, khususnya followers-nya di media sosial.

Andy Garcia for zetizen

Andy Garcia
@garciandyyy

Kalau selama ini kamu merasa video tutorial masak cuma gitu-gitu aja, padahal kamu punya semangat belajar yang tinggi, coba deh intip video-video masak yang dibuat Andy Garcia di akun TikTok-nya biar skill masak kamu lebih dari sekedar merebus mi instan atau goreng telur! Belajar masak nggak harus langsung makanan berat kok.

Andy Garcia berbagi makanan ringan yang bisa kamu coba selama di rumah aja dan mengemas cara-cara masak dengan cara unik dan berbeda. Dia berbagi cara masak dengan video tutorial yang memanjakan mata sehingga pengalaman belajar masakmu nggak bakal membosankan!

Sofyan Pratama for zetizen

Sofyan Pratama
@sofyansap

Quarantine emang bikin mati gaya! Camera shy pasti ngerti. Rasanya pengin punya foto bagus buat di-upload ke media sosial, tapi skill berposenya gitu-gitu aja. Ini sering jadi masalah buat cowok-cowok. Terus gimana dong? Di akun Instagram Sofyan Pratama, kamu bisa sontek inspirasi gaya dan cara berpakaian agar foto kamu terlihat lebih menarik.

Nggak harus hunting jauh-jauh kok! Coba cari spot di sekitar rumah buat dapat foto yang menarik dengan style dan tip dari Kak Sofyan. Jadi, nggak usah khawatir, setelah pandemi ketemu teman-teman, kamu langsung bisa foto keren dan bagi ilmu ke yang lain deh!

Erika Ricardo for zetizen

Erika Ricardo
@erikaricharrdo

Kita pasti sering bertanya-tanya, gimana sih cara efektif hilangin stres? Ternyata salah satunya adalah dengan melukis! Sebagaimana Erika Richardo yang membagikan ceritanya lewat lukisan. Hobinya dalam hal melukis, menggambar, dan mendesain menjadikan dirinya berani untuk memulai usaha painting by number yang juga sedang jadi tren akhir-akhir ini.

Menurut dia, melukis bukan sekadar hobi, melainkan juga bisa sebagai media untuk kita meluapkan apa yang nggak bisa disampaikan lewat kata-kata, apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang. Melalui akun TikTok @erikaricharrdo, dia berbagi video tentang melukis dan pesan motivasi yang disampaikan melalui lukisan.

Alex Presle for zetizen

Alex Presle
@alexpresley_

Selama pandemi ini, kita lebih sering menghabiskan waktu bareng keluarga dong pastinya! Nah, coba deh bikin permainan seru biar kegiatan bareng keluarga nggak gitu-gitu aja. Sebagaimana yang dilakuin keluarga Presley asal Cornelius, Carolina Utara. Momen ini dibagikan Alex di akun TikTok-nya @alexpresley_.

Alex dan keluarganya sudah terbiasa bermain board game. Mereka mengubah pola permainan yang terinspirasi dari Olimpiade, tapi dengan gaya karantina. Pesertanya hanya diikuti orang tua, saudara kembarnya, dan kekasihnya, Taylor. Perlombaan yang paling populer di antaranya tic-tac-toe flip cup dan cup tower challenge. Coba deh ajak keluarga kamu lakuin permainan ini, kira-kira siapa yang menang?

ZETS OF THE DAY
Konten Inspiratif selama Pandemi

Reporter: HADINATA SALIM
Editor : AGNES DHAMAYANTI

GUNA memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, kita diharuskan melakukan kegiatan di rumah, baik kegiatan sekolah maupun kerja. Selama di rumah
terkadang menjadi membosankan dan membutuhkan konten inspiratif untuk memberikan aura positif dan dukungan agar tetap semangat menjalankan aktivitas dirumah. Konten inspiratif apa aja sih yang membuat kamu semangat? Yuk dengar cerita mereka! (*)

F Dok. Pribadi

Lydia Putri Puspitasari
Politeknik Negeri Batam
Instagram: @lydiaputrip

Wah, kebetulan banget nih, aku lagi sibuk-sibuknya sama tugas dari kampus. Kebanyak tugas dari kampus itu ya kalau enggak buat power point, pasti video. Dan aku sebagai anak yang lumayan hobi ngedit ngedit, tentu aku jadi happy karena akhirnya ada konten inspiratif yang aku bisa kerjain dan bermanfaat pula.

Belakangan ini, aku lagi hobi hobinya buat dan ngedit video maupun ppt. Coba deh, memang agak sulit awalnya. tapi asal kita mau belajar pelan pelan dan sabar. pasti hasilnya akan memuaskan. Semangat ngedit!! (*)

F Dok. Pribadi

Denia Putri Amelia Sari
SMK Terpadu Putra Jaya Batam
Instagram : @awzden

Menurut saya, Konten inspiratif itu berguna banget, apalagi dimasa pandemi kaya gini. Banyak orang diluar sana yang pastinya sedikit ngerasa kecewa karna pandemi ini, kecewa karna mereka gabisa ketemu teman, keluarga/kerabat yang jauh, gabisa bekerja lagi, gabisa pergi liburan ataupun jalan-jalan gitu ya.

Tapi, berkat adanya orang-orang kreatif diluar sana yang mau memberikan inspirasi dan motivasi mereka melalui konten daring/online, seperti di youtube, instagram dan media sosial lainnya. Orang-orang yang merasa kecewa karena pandemi ini sedikit mendapat inspirasi nih, mulai bangkit juga dari keterpurukan mereka selama pandemi ini.

Berkat siapa? Berkat mereka mereka yang dengan suka rela memberikan inspirasi kepada orang-orang yang merasa kecewa dan terpuruk karena pandemi. Banyak konten inspiratif yang tersebar luas banget di internet, seperti gimana cara memulai bisnis dari rumah yang mana bisa membangkitkan sedikit ekonomi mereka juga begitu. (*)