Karimun

Kades Gemuruh, Puskesmas Kundur Barat Ajak Warga Tanaman Daun Kelor dan Serai

Kepala desa Gemuruh Untung Sutrisno bersama kepala UPT puskesmas Kundur barat, kader posyandu dan masyarakat foto bersama usai sosialisasi, Minggu (24/1/2021). (f.imam/batampos.id)

batampos.id- Kepala UPT Puskesmas Kundur Barat Aufika bersama Kepala Desa Gemuruh Untung Sutrisno mengajak seluruh kader Posyandu serta masyarakat soal pentingnya tanaman obat. Salah satu tanaman obat  yang mudah dan banyak memberikan manfaat untuk kesehatan yakni tanaman daun Kelor dan Serai.

BACA JUGA: Obat Tradisional akan Dimasukkan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional

Dalam keteranganya Aufika menyampaikan jika dua jenis tanaman obat Kelor dan Serai banyak memberikan manfaat kesehatan. Selain itu dua jenis tanaman ini tumbuh subur di sekitar lingkungan rumah sehingga mudah didapatinya. Kami mengajak kader posyandu dan masyarakat untuk dapat menggalakan tanaman obat di sekitar rumah kita.

Advertisement

Menurut hasil penelitian ilmiah salah satu manfaat daun kelor dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya dan dapat mencegah stunting.

Sementara kepala desa Gemuruh Untung Sutrisno menyamput positif kegiatan sosialisasi tananaman obat daun kelor dan serai. Melalui sosialisasi dari UPT Puskesmas Kundur Barat masyarakat lebih memahami tentang manfaat daun kelor dan serai terhadap kesehatan tubuh. Meskipun kedua jenis tanaman ini sudah akrab dengan masyarakat, namun dengan sosialisasi akan menambah ilmu pengetahuan bagi warga masyarakat.

“Iya ternyata tanaman daun kelor dan serai yang kita ketahui selama ini banyak memberikan manfaat terhadap kesehatan. Setelah sosialisasi akan kita ajak masyarakat untuk menanam daun kelor dan serai,” terang Untung, Minggu (24/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan sosialisasi tanaman toga juga diikuti ketua Tim penggerak PKK, kader posyandu, anghgota BPD, kepala. Dusun, RT/RW, pemuda dan masyarakat. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan menanam daun kelor dan serai di pekarangan kantor desa Gemuruh. (*)

Reporter: Imam Sukarno
Editor: Tunggul