Bintan-Pinang

1.270 Tenaga Kesehatan di Tanjungpinang sudah Divaksin Covid

Nugraheni, (f. Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Kota Tanjungpinang (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang mentargetkan vaksinasi covid untuk gelombang satu untuk tenaga kesehatan (Nakes) selesai pekan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Nugraheni mengatakan hingga saat ini jumlah Nakes yang sudah divaksin 1.273 walaupun. Walau ada vaksin yang rusak selama perjalanan tapi jumlahnya tidak banyak sekitar dua atau tiga dosis.

BACA JUGA: Masyarakat Belum Tahu Keamanan dan Keampuhan Vaksin Covid-19

Advertisement

“Artinya di Tanjungpinang jumlah Nakes yang sudah divaksin sekitar 1.270 orang,” kata Nugraheni, Senin (25/1/2021). Dikatakan Nugraheni atas arahan Menteri Kesehatan (Menkes) vaksinasi tahap pertama dengan dua kali suntikan harus selesai pada pekan ke tiga Februari 2021.

“Sehingga tahap pertama pada akhir Januari ini harus selesai, berdasarkan aturan minimal dua minggu setelah suntik pertama maksimal tiga minggu,”jelasnya. Dari target 2.900 Nakes yang akan disuntik baru terlaksana sekitar 40 persen. Dibutuhkan strategi jitu untuk mengejar target tersebut.

“Kita harus mencontoh ke Dinkes Surakarta bahwa satu minggu vaksin. Nakes yang sudah divaksin mencapai 75 persen,” terangnya. Akan dilakukan pemetaan Nakes dan tempat pelaksanaan vaksinasi agar penyuntikan pertama bisa selesai pada akhir Januari 2021 yang hanya tersisa beberapa hari. (*)

Reporter: Peri Irawan
Editor: Tunggul