Kesehatan

70 Persen Imun Ada di Pencernaan, Chef Degan Ajak Perbanyak Sayur dan Buah

Chef Degan ajak para ibu rumah tangga untuk terus berkreasi memasak olahan sayur dan buah untuk keluarga (istimewa)

batampos.id – Sejumlah penyakit bersumber dari usus. Jika usus kita sehat maka sistem imun kita juga akan sehat. Maka salah satunya dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional pada Senin (25/1), dalam webinar ‘Ibu Bijak, Siap Penuhi Serat dan Harian untuk Keluarga bersama FibreFirst’, Chef Degan Septoadji mengajak para ibu rumah tangga untuk terus berkreasi memasak olahan sayur dan buah untuk keluarga. Sebab nutrisi harian bisa terpenuhi dengan konsumsi sayur dan buah yang mencukupi.

“Memasak adalah hal yang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan jika memilih menu yang dapat memenuhi asupan serat dan nutrisi harian keluarga,” katanya.

Advertisement

“Saya menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, juga sayur dan buah-buahan sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh,” ungkap Chef Degan.

Scientific FibreFirst Nourmatania, mengajak keluarga Indonesia, khususnya para ibu, mulai membiasakan hidup sehat dengan cukupi asupan serat dan nutrisi harian agar pencernaan sehat. Sebab sistem imun manusia ada di pencernaan.

“Yang mana dengan pencernaan sehat maka imunitas tubuh kuat karena faktanya adalah 70 persen sel imun terdapat di sistem pencernaan,” tegasnya.

Dengan begitu tubuh akan lebih optimal sehingga pencernaan sehat dan imunitas kuat. Apalagi pandemi Covid-19 telah mengajarkan seluruh masyarakat global betapa pentingnya imunitas tubuh.

“Bagaimaba penularan penyakit dan virus bisa ditangkal oleh ibu. Mengapa ibu? Karena sosok ibu adalah peran inti dalam menentukan dan memberikan makanan sehari-hari kepada keluarganya, terutama dalam kondisi pandemi saat ini yang mana dibutuhkan asupan serat dan nutrisi sehingga imun tubuh kuat, terlindung tidak hanya dari Covid-19 tapi juga penyakit serta virus-virus lainnya”, kata Nourmatania.

Hal senads diungkapkan oleh Ahli Gizi dr. Hilna Khairunisa Shalihat M.Gizi, Sp.GK. Menurutnya ibu bijak adalah kunci agar bisa menerapkan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI).

“Dengan menerapkannya, akan menghasilkan generasi sehat sehingga tumbuh cerdas dan kreatif. Pastikan juga mengonsumsi cukup serat agar pencernaan sehat dan imunitas tubuh makin kuat sehingga terlindung dari penyakit dan virus,” tutup dr. Hilna. (*)

Reporter : Jpgroup
Editor : Andriani Susilawati