Bintan-Pinang

76 Pegawai Karantina Pertanian Tanjungpinang Tes Urine Mendadak

Kepala BKP Kelas II Tanjungpinang saat menyerahkan sampel urine kepada petugas BNN Kota Tanjungpinang, Selasa (26/1/2021). (f Peri Irawan/ batampos.id)

batampos.id – Secara mendadak, Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Tanjungpinang bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tanjungpinang kembali lakukan pemeriksaan urine kepada 76 pegawai.

BACA JUGA: BNN Tanjungpinang Tes Urine Pegawai Pemko 

Kepala BKP Kelas II Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan pemeriksaan dilakukan atas komitmen seluruh jajaran karantina pertanian se-Indonesia untuk menegakkan peraturan dan mencegah penyalahgunaan narkotika oleh pegawai BKP.  “Memastikan seluruh pegawai karantina ini dalam keadaan sehat dan tidak menggunakan narkotika,”kata Raden, Selasa (26/1/2021) .

Advertisement

Pemeriksaan itu juga sebagai motivasi pada awal tahun dan memiliki kepercayaan terhadap diri sendiri untuk hidup 100 persen sesuai slogan BNN Kota Tanjungpinang. Ada 76 total pegawai yang akan ikut tes urine.

“Ini spontan kita lakukan, semalam petang diumumkan sehingga pegawai tidak punya alasan tidak mengikuti pemeriksaan urine,” jelasnya. Raden menyebutkan, banyak cara yang bisa digunakan untuk menyelundupkan narkotika, salah satunya melalui komoditas pertanian. Jika nantinya ditemukan akan segera dilaporkan kepada pihak BNN.

Ia berharap dari pemeriksaan tidak ditemukan pegawai yang positif menggunakan narkoba. “Kita berharap tidak ada, jika ada kita akan proses sesuai ketentuan,” terangnya. Sementara itu, Kepala BNN Kota Tanjungpinang, Darsono menerangkan atas permintaan BKP Kelas II Tanjungpinang agar dilakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan pemeriksaan urine.

Sesuai tugasnya memeriksa barang dan keluar dari suatu daerah atau negara tidak tertutup  kemungkinan ada penyeludupan atau penyalahgunaan narkotika oleh petugas BKP.  “Ini kita antisipasi dan kerjasama agar tidak terjadi penyalahgunaan narkotika oleh pegawai BKP,” kata Darsono.

Pada pemeriksaan urine di tahun 2020 tidak ditemukan pegawai BKP yang menggunakan narkotika, artinya sosialisasi yang dilakukan berjalan dan dilaksanakan dengan baik. “Pemeriksaan urine ini sudah ke sekian kali dilakukan BNN ke pegawai BKP dan tidak satupun ditemukan hasil positif,” terangnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
Editor: tunggul