Total Football

Abramovich Jamin Lampard Tetap Ikon dan Legenda Chelsea

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich. (F. City AM)

batampos.id – Bagaimana rasanya memecat legenda klub dari jabatanya? Hanya pemilik Chelsea, Roman Abramovich yang mengetahui bagaimana sulitnya.

Ya, taipan minyak asal Rusia ini akhirnya memutuskan untuk memberhentikan pelatih Chelsea, Frank Lampard, dari jabatannya. Padahal Lampard adalah salah satu legenda klub berjuluk The Blues saat masih aktif bermain.

Meski demikian, posisi Lampard sebagai ikon dan legenda klub tak akan tergantikan. Hal ini ditegaskan langsung oleh Abramovich, yang juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi Lampard selama menjabat sebagai pelatih Chelsea selama dua tahun terakhir.

Advertisement

Kepelatihan Lampard selama 18 bulan harus berakhir setelah dirinya dipecat pada Senin (25/1) hari ini. Pelatih berusia 42 tahun itu sebenarnya berhasil membawa The Blues finis di peringkat keempat pada musim 2019/20, namun ia tidak mampu mengulangi platform itu pada musim ini.

Sempat mengawali musim 2020/21 dengan bagus, Chelsea kini justru terperosok ke urutan kesembilan di klasemen sementara dengan perolehan 29 poin dari 19 pertandingan. The Blues terpaut lima angka dari posisi empat besar, namun tertinggal 11 poin dalam persaingan gelar Liga Primer Inggris.

Chelsea, yang menelan lima kekalahan dari delapan pertandingan terakhir Liga Primer. The Blues tak berkutik ketika dikalahkan Leicester City 2-0 di laga terakhir liga.

BACA JUGA: Pecat Lampard, The Blues Dekati Thomas Tuchel

Kemenangan 3-1 atas Luton Town di putaran keempat Piala FA, Minggu (24/1), adalah pertandingan terakhir Lampard dalam menangani klub. Kontrak tiga tahun pertamanya diputus oleh klub.

Abramovich, yang tidak pernah mengeluarkan pernyataan setelah memecat seorang manajer, memberikan penghormatan kepada Lampard. ia menyatakan bahwa, meski keputusan sulit diambil, sang legenda layak mendapat rasa hormat dari semua orang di klub.

“Ini adalah keputusan yang sangat sulit bagi klub, paling tidak karena saya memiliki hubungan pribadi yang sangat baik dengan Frank dan saya sangat menghormati dia,” demikian pernyataan Abramovich di laman resmi Chelsea.

“Ia adalah seseorang dengan integritas yang tinggi dan memiliki etika kerja tertinggi. Tapi, dalam situasi ini, kami percaya bahwa yang terbaik adalah mengganti manajer,” tambahnya.

“Atas nama semua orang di klub, dewan direksi dan secara pribadi. Saya ingin berterima kasih kepada Frank atas pekerjaannya sebagai pelatih kepala dan mendoakan agar dia sukses di masa depan,” tuter Abramovich.

Ia memberikan jaminan bahwa Lampard adalah seorang Legenda meski tak lagi menukangi The Blues. “Lampard adalah ikon penting dari klub hebat ini dan statusnya di sini tetap tidak berkurang. Ia akan sellau disambut hangat kembali di Stamford Bridge,” seru Abramovich.

Goal menulis mantan pelatih Paris Saint-Germain, Thomas Tuchel, secara lisan telah setuju untuk menggantikan Lampard sebagai manajer Chelsea. Pelatih asal Jerman itu kemungkinan akan diperkenalkan sebelum pertandingan Liga Primer lawan Wolves, Kamis (28/1) dini hari WIB. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo