Internasional

Aduh, Tiongkok Sebar Teori Baru Sebut Covid-19 Berasal dari Amerika. Bingung Deh

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan agar AS mengizinkan pakar WHO datang untuk menyelidiki asal usul virus corona (F China Daily)

batampos.id – Kabar mengejutkan dari Pemerintahan Tiongkok. Setahun virus corona menjadi pandemi yang masih berlangsung, sejumlah media di negara Tirai Bambu itu justru melempar teori tentang asal-usul virus corona yang justru disebut berasal dari laboratorium Amerika Serikat.

BACA JUGA:
WHO Kecewa Tiongkok Tak Perbolehkan Tim Investigasi Covid-19 ke Wuhan
Jack Ma, Orang Terkaya Tiongkok Hilang Misterius

Media sosial Weibo sekarang diramaikan dengan tagar ‘American’s Ft. Detrick’ yang dilemparkan perdana oleh Liga Pemuda Komunis. Mereka menyebutkan bhawa virus corona sebenarnya bukan berasal dari Wuhan, melainkan berasal dari laboratorium di pangkalan Angkatan Darat Maryland.

Advertisement

“Apabila Amerika menghormati kebenaran, tolong buka Fort Detrick dan publikasikan lebih banyak informasi tentang 200 atau lebih bio-lab di luar AS, dan izinkan kelompok pakar WHO pergi ke AS untuk menyelidiki asal-usul virus,” ujar Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying seperti dilansir dari Insider, Selasa (26/1/2021).

Fort Detrick berfungsi sebagai titik nol untuk program senjata biologis AS sejak 1943 hingga 1969 lalu. Media pemerintah Tiongkok sejak Mei telah meminta pihak berwenang untuk melihat lokasi tersebut sebagai kemungkinan asal virus Korona.

Tagar ini telah viral lebih dari 1,4 miliar kali, menurut AP. Tak hanya itu, Tiongkok juga mempertanyakan keamanan vaksin Pfizer-BioNtech yang digunakan kepada para lansia. (*)

Reporter: Jpg
Editor: Chahaya Simanjuntak