Total Football

Legenda Liverpool Pertanyakan Urgensi Datangkan Thiago

Gelandang Liverpool Thiago Alcantara. (F. Peter Powell/POOL/AFP)

batampos.id – Performa gelandang Liverpool Thiago Alcantara jauh berbeda saat dirinya masih berseragam Bayern Muenchen. Hingga saat ini Thiago belum bisa menunjukkan permainan impresifnya.

Thiago bermain selama 81 menit ketika Liverpool melawan Manchester United di putaran keempat Piala FA, Senin (25/1) dini hari WIB. Namun ia tidak mampu mencegah timnya dari kekalahan 3-2 di Old Trafford.

Performa Thiago yang naik turun in menjadi bahan ceoohan para pendukung The Reds. Bahkan legenda Liverpool asal Jerman Dietmar Hamman mempertenyakan urgensi Liverpool mendatangkan Thiago.

Advertisement

Hamann menegaskan, Thiago tidak membuat Liverpool menjadi lebih baik. Ia bahkan menuduh playmaker asal Spanyol itu justru memperlambat tim Klopp.

Dalam pandangan Hamann, Mohamed Salah dan Sadio Mane tidak mendapat servis yang cepat seperti musim-musim sebelumnya ketika keduanya terlihat sangat produktif. Hal itu disebabkan karena Thiago dianggap justru memperlambat permainan tim.

BACA JUGA: Gol Fernandes Buat United Singkirkan Liverpool

“Ia tidak banyak bermain, dia cedera,” ujar Hamann kepada Stadium Astro tentang Thiago. “Kami telah melihat beberapa pemain terbaik di Eropa membutuhkan beberapa pekan atau bulan untuk beradaptasi dengan permainan Inggris. Saya pikir kita akan melihat Thiago yang lebih baik,” tambahnya.

Ciri khas Liverpool menurut Hammand adalah memainkan bola ke depan dengan cepat. “Saya tahu tim-tim mundur ke belakang lawan mereka, tapi itu tidak berarti bahwa memperlambat permainan akan membantu mereka,” sergah Hammand.

“Thiago adalah pemain yang selalu ingin berada dalam penguasaan bola. Ia mendapat 120 sentuhan dalam satu pertandingan, dan ketika dia menginginkan bola, para bek dan full-back akan berusaha memberikan itu kepadanya karena mereka tahu dia adalah playmaker,” paparnya

“Saat mereka kalah dalam memberikan bola adalah saat mereka gagal memberikan itu kepada Salah atau Mane dengan cepat. Liverpool selalu dalam kondisi paling buruk ketika bola sampai ke Mane dan Salah dengan cepat,” kritik Hammand.

Hal ini berbanding terbalik dengan karakteristik Salah dan Mane. Menurutnya kecepatan dua pemain ini menjadi senjata utama Liverpool mendulang gol.

“Dinamika tim akan berubah dan saya tidak yakin apakah perubahan itu akan menjadi lebih baik dengan Thiago. Ia merupakan pemain yang brilian, tidak ada keraguan tentang itu. Tapi apakah dia adalah pemain yang dibutuhkan Liverpool, saya tidak terlalu yakin,” keluh Hammand. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo