Total Football

Pecat Lampard, The Blues Dekati Thomas Tuchel

Mantan pelatih Chelsea Frank Lampard. (F. Jon Super/POOL/AFP)

batampos.id – Seperti yang diperkirakan, Manajer Chelsea Frank Lampard kesulitan untuk mempertahankan kursinya. Lampard resmi telah diberhentikan dari jabatannya.

Kabar ini ditegaskan langsung oleh manajemen Chelsea. “Chelsea FC hari ini resmi berpisah dengan pelatih kepala Frank Lampard. Ini adalah sebuah keputusan sangat sulit yang dibuat oleh pemilik dan direksi klub,” demikian pernyataan resmi Chelsea di laman resmi.

Manajemen Chelsea dalam pernyataan resmi juga mengucapkan terima kasih atas pencapaian yang telah diberikan oleh Lampard. Tetapi posisi Chelsea yang berada di papan tengah Premier League membuat manajemen harus mencari solusi lain.

Advertisement

“Serangkaian hasil dan performa belakangan ini tidak memenuhi ekspektasi klub, membuat klub kini duduk di papan tengah tanpa adanya jalur yang jelas untuk perbaikan berkelanjutan,” beber pernyataan resmi Chelsea.

“Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk berpisah dengan legenda klub seperti Frank. Tetapi setelah pertimbangan yang panjang, diputuskan bahwa perubahan diperlukan sekarang agar klub bisa meningkatkan kinerja dan hasil di musim ini,” tambahnya.

BACA JUGA: Rodgers Paling Layak Gantikan Lampard di Chelsea

Lampard, 42 tahun, mampu membawa Chelsea finis empat besar di EPL musim lalu. Torehan tersebut tergolong impresif karena itu adalah musim debutnya melatih Chelsea dan juga di tengah embargo transfer.

Ia pun mendapat ganjaran dari klub, yakni gelontoran dana untuk belanja pemain senilai lebih dari £200 juta. Harapannya, Chelsea bisa mempersempit gap dengan Manchester City dan Liverpool untuk bersaing di tangga juara.

Namun, rekrutan baru nan mahal seperti Timo Werner dan Kai Havertz kesulitan memenuhi ekspektasi tinggi di Stamford Bridge. Bahkan performa The Blues di musim 2020/21 terus menurun.

Dalam laga terbaru di EPL, Chelsea takluk 2-0 dari Leicester City dan membuat mereka kini terdampar di peringkat sembilan klasemen. Itu adalah kekalahan kelima Chelsea dalam delapan partai EPL terakhir.

Selain itu, Lampard juga tercatat sebagai manajer dengan rerata poin terendah di EPL di era Roman Abramovich (1,67 poin per laga). Posisi sang legenda The Blues pun sudah tidak bisa diselamatkan.

Thomas Tuchel menjadi salah satu kandidat yang dikabarkan akan segera ditunjuk sebagai pengganti Lampard. Meski demikian Chelsea belum mau mengumumkan siapa pengganti Lampard.

“Klub tidak akan membuat pernyataan baru hingga pelatih kepala yang baru diumumkan,” tegas pernyataan resmi Chelsea.

Tuchel sedang dalam posisi lowong setelah dipecat Paris Saint-Germain pada akhir Desember lalu. Sebelumnya, Chelsea juga dikaitkan dengan pelatih top lain seperti Massimiliano Allegri hingga Brendan Rodgers.

Pelatih asal Jerman itu diyakini sebagai sosok yang tepat untuk membuat dua kompatriotnya di Chelsea, Werner dan Havertz, bersinar kembali, begitu pula halnya dengan Christian Pulisic yang pernah dilatihnya di Borussia Dortmund. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo