Total Football

Sempat Tertinggal, Bilbao Balas Hancurkan Getafe

Selebrasi gelandang Athletic Bilbao Raul Garcia usai mencetak gol ke gawang Getafe dalam lanjutan La Liga, di Stadion San Meme, Bilbao, Selasa (26/1). (F. Athletic Bilbao)

batampos.id – Athletic Bilbao melanjutkan torehan positifnya saat menjamu Getafe dalam lanjutan La Liga, Selasa (26/1). Dalam laga yang digelar di Stadion San memes, Bilbao menghancurkan Getafe dengan skor 5-1.

Hasil ini menjadi catatan kemenangan keempat Bilbao secara beruntun di semua kompetisi. Meski demikian, Bilbao tertinggal terlebih dulu oleh Getafe.

Tim tamu yang mencetak gol cepat di detik ke-18 lewat Marc Cucurella. Opta mencatat, gol Cucurella itu merupakan yang tercepat yang pernah dicetak Getafe dalam sejarah kompetisi La Liga.

Advertisement

Tuan rumah Bilbao butuh 11 menit untuk bisa menyamakan kedudukan. Bilbao bangkit setelah gelandang Raul Garcia menuntaskan assist Iker Muniain.

Ini menjadi gol keempat Garcia dalam empat penampilan terakhirnya buat Bilbao di semua kompetisi. Satu gol lebih banyak dari 22 penampilan musim lalu.

BACA JUGA: Messi Dikartu Merah, Bilbao Raih Juara Piala Super Spanyol

Bilbao baru bisa membalikkan keadaan di awal babak kedua setelah Yeray memperdaya kiper Ruben Yanez dengan memaksimalkan umpan Muniain. Muniain kini telah berkontribusi lima assist dalam tiga penampilan terakhirnya di semua kompetisi.

Sebelumnya Muniain mencatatkan satu assist saat Bilbao melawan Ibiza di Copa del Rey. Dua assist lainnya saat Bilbao menang di final Supercopa kontra Barcelona.

Pasukan Marcelino menjauhkan keunggulannya di menit ke-61 setelah Garcia mencetak gol keduanya. Sekarang ini, Garcia tercatat sebagai gelandang yang berhasil mencetak 100 gol lebih di La Liga pada abad ke-21. Dari sebaran golnya tersebut, 54 ia bukukan bersama Bilbao, 26 untuk Atletico Madrid dan 20 sisanya saat memperkuat Osasuna.

Getafe yang datang dengan status tim tamu tak dapat berbuat banyak. Malah, gawang mereka dibobol dua gol lagi di 15 menit tersisa seturut lesakan Alex Berenguer dan Oscar De Marcos.

Ini merupakan kali kedua di mana gawang Getafe jebol lima kali di satu pertandingan dalam 193 kesempatan di bawah arahan Jose Bordalas. Sebelum ini, skor identik juga mereka alami saat takluk 5-1 melawan Girona pada Maret 2017 silam.

kemenangan ini mebuat Bilbao naik ke urutan sembilan dengan koleksi 24 poin dari 19 pertandingan. Sementara itu, Getafe tak beranjak dari posisi ke-13 lantaran baru merangkum 23 angka dari 19 laga. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo