Ekonomi & Bisnis

Ekspor Olahan Udang PT Panca Capai USD 83,3 Juta

Udang olahan yang diekspor ke Amerika dan Jepang. (Humas PMMP)

batampos.id – PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), akan memperluas ekspansi bisnis di pasar domestik melalui brand milik perseroan. Perusahaan ini bergerak di sektor konsumen berbasis ekspor khususnya pada sektor pengolahan udang.

Di tengah pandemi Covid-19, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk masih mampu menaikan volume penjualan sebesar 14 persen per Juni 2020. Selain itu, penjualan Perseroan mencapai USD 83,3 juta pada Juni 2020, atau naik sebesar USD 9,3 juta atau 12,6 persen dari penjualan Juni 2019 sebesar USD 74 juta. Perseroan juga mencatatkan laba bersih sebesar USD 5,3 juta pada Juni 2020, atau naik sebesar USD 4,6 juta atau naik sebesar 630 persen dari laba bersih pada Juni 2019 sebesar USD 0,7 juta.

Direktur Utama PMMP Martinus Soesilo mengatakan, brand yang bernama Ebinoya dapat menjadi bentuk penerapan strategi bisnis dalam meningkatkan volume penjualan produk bernilai tambah selain yang telah dipasarkan di pasar utama yakni AS dan Jepang.

Advertisement

Sebagai bentuk strategi untuk memperluas pangsa pasar domestik, lanjutnya, Ebinoya telah meneken kontrak kerja sama dengan beberapa riteler di Indonesia. Di antaranya LotteMart, Aeon, Papaya Surabaya, Yogya Group, Meat Mart Bali, Frestive Bali, dan Smarco Medan. Selain itu, pada segmen restoran dan foodservice, Ebinoya juga telah memasok beberapa nama restoran seperti HokBen, Sushi Tei Surabaya, ThaiStreet Surabaya, dan Das Bistro – Soesjach Bali.

Martinus menyebut, Ebinoya sendiri telah merilis dan mendistribusikan beberapa varian produk Value Added, seperti Ebi Furai, Butterfly Ebi Furai, dan Shrimp Popcorn, yang merupakan frozen and ready-to-cook shrimp dan telah dipasarkan pada segmen retailer.

Selain itu, untuk segmen restoran dan food services, Ebinoya juga telah memasok beberapa varian produk Value Added lainnya, seperti Sushi Ebi yang merupakan ready-to-eat shrimp.

BACA JUGA: Kemendag dan KKP Lepas Ekspor Ikan Tuna ke Korsel

“Dalam memasarkan dan mendistribusikan produknya, kini Ebinoya telah bekerja sama dengan total 7 retailers yang kedepannya diyakini akan terus bertambah sejalan dengan rencana ekspansi bisnis Perseroan,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (27/1).

Selain itu, Ebinoya juga sudah mulai dipasarkan melalui platform e-commerce, sejalan dengan perkembangan teknologi digital di Indonesia.

“Melalui ekspansi bisnis ini, kami berharap dapat melakuan penetrasi pasar lokal yang sebelumnya belum kami explore. Dengan potensi pasar lokal yang masih sangat besar, PMMP berharap melalui strategi ini dapat meningkatkan pendapatan usaha Perseroan kedepannya,” tuturnya.

Martinus menambahkan, ini menjadi salah satu strategi yang dilakukan Perseroan untuk menambah porsi penjualan produk bernilai tambah dan juga untuk memperluas segmen pemasaran Perseroan, selain pasar ekspor. “Kami terus berusaha mencari peluang usaha dengan menambah varian produk kami dari apa yang dapat diterima dengan baik oleh konsumen,” tutupnya. (*)

Reporter: JP Group
Editor: Suprizal Tanjung