Zetizen

Saksi Milenial Melawan Covid-19

Arizka Amanda Putri
Universitas Internasional Batam
Instagram : arizkamnp

batampos.id – Awalnya kami sekeluarga sehat-sehat saja pada bulan November 2020 lalu. Ketika itu Ibu saya mengalami demam yang tidak turun-turun panasnya karena takut ke dokter, alhasil ibu saya memutuskan untuk ke klinik terdekat hanya membeli beberapa obat.

Dilanjutkan dengan ayah saya yang mempunyai beberapa penyakit bawaan seperti, diabetes, stroke dan jantung. Ini sangat rentan sekali untuk ayah saya. Namun pada akhirnya ayah saya tertular dengan ibu saya yang demam. Ayah saya demam selama seminggu dan sangat takut untuk pergi ke rumah sakit.

Akhirnya saya paksa ayah saya supaya beliau diperiksa karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 saya sekeluarga dinyatakan positif oleh puskesmas dekat rumah kami, dan ditujukan untuk mengikuti dan diisolasi di Rumah Sakit Khusus Inveksi Galang,

Advertisement

Setelah saya sampai di RSKI Galang semua orang di sana tampak sehat dan tidak sakit sama sekali, disana kita mendapatkan makanan 3 kali sehari dengan menu yang berbeda-beda setiap hari. Kita diisolasi. Ada jam olahraganya setiap pagi dan sore. Tapi bagaimanapun kami tetap tidak tenang dengan kondisi ayah saya yang makin memburuk. Saya sekeluarga melawan Covid-19 dengan cara makan teratur, minum susu, jaga kebersihan tetap menggunakan masker serta memakai handsanitizer.

Kami banyak belajar untuk terus waspada dan hati-hati dengan kesehatan karena kesehatan itu nomor satu dan paling terpenting untuk saat ini. Saran saya karena Covid-19 masih meningkat di Indonesia lebih baik keluar dengan mempunyai tujuan yang sangat penting saja, ketika bosen boleh saja keluar tetapi tetap memakai masker dan handsanitizer. Virus sangat kejam dan jadi penghalang bagi kami yang ingin bersilahturahmi dan memutuskan sosialisasi kepada orang-orang.

Untuk itu saya hanya rakyat biasa menghimbau kepada pemerintah untuk tetap jujur dan jangan membuat masyarakat berpikiran yang tidak diinginkan tentang Covid-19 karena ini sangat sensitif. Pesan saya jangan menyepelekan virus ini, percaya dan tidak percaya bahwa virus ini nyata. Terima kasih. (*)

Chintya Sambas
SMAN 3 Nganjuk,
Relawan di RSKI
Instagram: @chintyasambas_

Bekerja di Rumah Sakit terutama yang menjadi tempat rujukan pasien Covid-19 berisiko tinggi tertular virus Covid-19. Sebagai salah satu bagian dari Staff Infokes RSKI Covid-19 Pulau Galang, di sini tentunya saya dan relawan berbagai pengalaman bekerja yang sangat menyenangkan, salah satunya kita bisa bertemu dengan tenaga kesehatan dari daerah manapun.

Kami merasakan solidaritas yang tinggi untuk melawan Covid-19. Adanya toleransi saling menghargai membuat perbedaan yang kami temui di sini menjadikan kami selalu kompak, melaksanakan kegiatan bersama seperti olah raga bersama, pengajian rutin setiap malam Jumat dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan yang dilakukan oleh seluruh warga RSKI Covid-19 P. Galang kecuali pasien. (*)

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Agnes Dhamayanti

FYI GEJALA VIRUS COVID-19

SAAT protokol sudah diterapkan, pemerintah setempat sudah memberitahu gejala-gejala yang terkena covid-19. Apa saja sih?

Berikut ciri-ciri virus corona

– Tidak dapat melakukan metabolisme sendiri
– Tidak dapat melakukan replikasi tanpa sel inang
– Tidak tumbuh
– Tidak merespons lingkungannya

Dari keempat ciri tersebut, virus corona sudah menyebar dan menginfeksi semua orang selama di tahun 2020. Gejala virus tersebut juga memiliki berbagai beragam, dari yang umum, jarang, hingga yang serius setelah gejala muncul antara 2-14 hari.

Gejala virus corona paling Umum

– Demam
– Batuk
– Merasa lelah

Gejala virus corona Tidak Biasa

-Hilang kemampuan mencium atau merasakan
-Hidung tersumbat
-Konjungtivitis (mata merah)
-Sakit tenggorokan
-Sakit kepala
-Nyeri otot atau sendi
-Berbagai jenis ruam kulit
-Mual atau muntah
-Diare
-Menggigil atau pusing

Gejala virus corona Berat

-Sesak napas
-Kehilangan selera makan
-Kebingungan
-Nyeri yang terus-menerus di dada
-Temperatur tinggi (di atas 38 derajat Celcius).

ZETS OF THE DAY

Milenial dan Covid-19

Reporter: Hadinata Salim
Editor: Agnes Dhamayanti

MENGETAHUI adanya peringatan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak karena virus Covid-19. Patuhkah para milenial ? Seberapa pedulikah mereka menjaga kesehatan dirinya dan keluarga ? Zets! (*)

F Dok. Pribadi

Jhon Agus Franto Sipayung
SMA Negeri 16 Batam
Instagram: @franto_sipayung11

Menurut saya dengan adanya pandemi sekarang kita harus lebih memperbanyak kegiatan olahraga mandiri agar imunitas tubuh tetap stabil dan mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung vitamin C agar imunitas tubuh di tidak lemah. (*)

 

 

F Dok. Pribadi

Therecia Casanita
SMA Kristen Immanuel Batam
Instagram: @therecn_

Menurut dari pandangan saya, mereka terlalu menyepelekan virus tersebut karena mereka mudah percaya kepada apa yg mereka baca di internet tentang teori konspirasi Covid-19, mereka tetap berkeliaran di luar bersama teman-temannya tanpa memikirkan kesehatan mereka dan mereka tidak memikirkan jikalau mereka pulang membawa penyakit ke keluarga terdekat mereka. (*)

F Dok. Pribadi

Shiwy Wulandari
SMAN 5 BATAM
Instagram: @shiwy.wlndr

Menurut saya, semenjak Covid-19 melanda, protokol untuk stay at home dan social distancing itu memang sangat membantu. Mengingat sudah banyak korban yang berjatuhan akibat Covid-19 ini. Tapi, masih banyak masyarakat yang menolak aturan tersebut dan mereka tetap melaksanakan aktivitas di luar ruangan. Dan kita para milenial punya hak untuk mengingatkan warga agar tetap menggunakan masker dan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Jangan lupa social distancingnya juga 🙂 (*)

F Dok. Pribadi

Muhammad Arief Dwi Hadkha
SMK Teladan Batam
Instagram: @arifhadkha_

Menurut saya, Covid 19 ini sangat berbahaya dan kita harus mencegahnya dengan cara hidup sehat dan olahraga yang cukup. Kami kaum milenialpun tentu juga ikut mengurangi budaya nongkrong di tempat keramaian, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik ketika bertemu atau berkenalan, menggunakan masker ketika ke luar rumah.

Selain itu, rajin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, mengkonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang terpenting, jika tidak ada urusan mendesak untuk keluar rumah, lebih baik berdiam diri dan tetap di rumah aja. (*)