Bintan-Pinang

Serpihan Sayap Pesawat yang Ditemukan di Pantai Lagoi, Bintan Diteliti Angkatan Udara

Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Andi Wijanarko meneliti benda yang diduga serpihan peswat di Mako Lanud RHF. (f. Pen Lanud RHF Tanjungpinang)

batampos.id – Pangkalan Udara Raja Haji Fisabilillah (Lanud RHF) Tanjungpinang telah mengirim temuan yang diduga serpihan pesawat ke Jakarta. Benda mirip sayap pesawat terbang tersebut, akan diteliti lebih lanjut oleh Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I dan Komando Pemeliharaan Materiil Angkatan Udara (Koharmatau).

BACA JUGA: Benda Diduga Serpihan Pesawat Ditemukan Pekerja Club Med, Lagoi Bintan di Pantai Teluk Putri

Komandan Lanud RHF Tanjungpinang Kolonel Andi Wijanarko menjelaskan setelah ditemukan di kawasan wisata Lagoi, benda yang diduga serpihan sayap pesawat terbang tersebut dievakuasi ke Mako Lanud RHF Tanjungpinang untuk diinvestigasi lebih lanjut.

Advertisement

Benda berwarna abu-abu dengan panjang 3,6 meter serta lebar 1,35 meter tersebut selanjutnya diteliti dan dirakit. “Belum bisa ditentukan apakah benda tersebut dari bagian horizontal stabilizer atau dari wing pesawat. Bahannya yang terbuat dari fiber, membuat peneliti sedikit ragu untuk menentukan jenis pesawatnya,” ungkap Andi, Rabu (27/1/2021).

Pihaknya, lanjut Andi, telah berkoordinasi dan melaporkan temuan tersebut kepada komando atas serta pimpinan untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. “Temuan dikirim ke Jakarta menggunakan pesawat militer untuk diteliti secara mendalam,” terangnya.

Sebelumnya diketahui warga yang tengah bersih bersih pantai, menemukan benda menyerupai serpihan sayap pesawat terbang di pantai Teluk Putri, Lagoi, Senin (25/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. Benda tersebut langsung dievakuasi dan diserahkan ke Lanud RHF Tanjungpinang untuk diperiksa. (*)

Reporter: Yusnadi
editor: Tunggul