Kepri

Bupati Natuna Minta Logistik Vaksin Covid Diterbangkan Pakai Pesawat


Pemerintah Kabupaten Natuna bersama TNI Polri menyambut kedatangan vaksin Covid-19 di Terminal Bandara Natuna. (f.ist)

batampos.id- Bupati Natuna, Hamid Rizal menegaskan Pemerintah Provinsi Kepri harus disurati terkait pengiriman logistik vaksin corona ke Natuna. Penegasan ini disampaikan pada rapat persiapan penyambutan vaksin corona di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu (27/1/2021). “Saya minta hari ini juga Dinas Kesehatan bikin surat perihal pengiriman logistik vaksin corona ini. Saya tandatangani dan langsung kirim ke provinsi,” tegas Hamid.

BACA JUGA: Vaksin Covid Datang Lebih Cepat, Pemkab Natuna Langsung Rapat Persiapan Vaksinasi

Menurutnya, antara pengiriman vaksin dan logistik vaksin berbeda jalur. Vaksin corona diangkut menggunakan pesawat terbang sementara logistik vaksin menggunakan kapal laut yang berakibat pada perbedaan jadwal kedatangannya di Natuna. “Jadi perihal surat itu kita minta agar logistik vaksin segera diambil dari kapal dan dikirim melalui pesawat,” sambungnya menegaskan.

Advertisement

Keterlambatan kedatangan logistik vaksin menjadi kendala bagi Natuna untuk melakukan vaksinasi sesuai jadwal. Disisi lain setiap kabupaten diharuskan melakukan vaksinasi tanggal 28 Januari seperti yang telah dijadwalkan.

“Ini patut dipertanyakan, kenapa vaksinnya dikirim lewat pesawat sementara logistiknya pakai kapal,” tandasnya. Kedatangan kapal pengangkut logistik belum diketahui secara pasti karena kapal masih belum berangkat dari Tanjungpinang.

“Kapal itu entah kapan datangnya, kapalnya nyari penumpang dulu, belum lagi singgah di beberapa pulau. Maka ini kita perlu minta dari provinsi agar kegiatan vaksinasi kita tidak terhambat,” tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna mengakui hal yang sama. Ia mengaku kegiatan vaksinasi di Natuna secara otomatis terkendala karena vaksinasi tidak mungkin bisa dilaksanakan tanpa keberadaan logistik vaksin tersebut.

Logistik vaksin corona itu berupa spuit, alkohol swab, kotak pembuangan spuit dan beberapa jenis logsitik vaksin sinovac lainnya.

“Ya betul, itu salah satu kendala utama bagi kami. Sehabis ini kami selesaikan suratnya dan langsung dilayangkan ke provinsi. Mudah-mudahan ada alternatif lain,” pungkasnya.

Gelar Apel Penyambutan Vaksin

sementara itu, Polres Natuna menggelar apel penyambutan dan pengamanan vaksin corona di terminal Bandara Natuna, Rabu (17/1). Apel ini dipimpin langsung Komandan Lanud Raden Sadjad Natuna, Kolonel Pnb. Dedy I.S. Salam.

Apel dimulai pukul 09:00 WIB dan dihadiri Bupati Natuna yang diwakili Sekdakab Natuna, Hendra Kusuma. Hadir juga seluruh unsur FKPD dan sejumlah OPD terkait. Kolonel Pnb. Dedy I. S. Salam dalam amanatnya menyatakan, vaksin corona akan segera tiba di Natuna dan akan disambut secara bersama-sama.

BACA JUGA: Jatah Vaksin Covid ke Natuna Belum Jelas, Dinkes dan RSUD Natuna jadi Penanggung Jawab Vaksinasi di Natuna

“Untuk itu saya minta kepada semua pihak terutama sekali kepada personel yang bertugas agar menjalankan tugas ini dengan tulus agar vaksin tersebut terjamin keamanannya dan proses vaksinasinya dapat berjalan lancar,” ungkap Kolonel Dedy.

Dikatakanya, vaksin tersebut dikemas ke dalam dua box besar yang diangkut menggunakan pesawat milik maskapai Wings Air. Vaksin Corona tiba di Bandara Natuna pukul 10: 40 WIB dan langsung dinaikkan ke dalam kendaraan khusus yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Natuna.

Kendaraan pembawa vaksin itu dikawal ketat oleh sejumlah personel TNI AU dan Polres Natuna menuju gudang farmasi Pemkab Natuna di mana vaksin tersebut disimpan sebelum didistribusikan. (*)

Reporter : SHOLEH ARIYANTO
Editor : tunggul