Metropolis

Pekan Ke-4 Belajar Tatap Muka, SMPN 1 Belakangpadang Larang Kantin Sekolah Buka Sebagai Bagian dari Penerapan Prokes yang Ketat

Siswa SMP Negeri 1 Batam di Belakangpadang sudah menerapkan belajar tatap muka memasuki pekan keempat. Menjalankan protokol kesehatan, sekolah masih melarang kantin buka. ( F Rengga Yuliandra/Batam Pos)

batampos.id – Pekan ke empat belajar tatap muka di SMPN 1 Batam berjalan lancar. Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar tatap muka dilakukan dengan protokol kesehatan, diantaranya satu kelas hanya diisi 50 persen atau setengah dari jumlah siswa dalam satu kelas.

“Sejauh ini Alhamdulilah tak ada kendala,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Maiyatun, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, semua siswa yang mengikuti kegiatan belajar-mengajar wajib datang ke sekolah menggunakan masker. Selain itu, mereka juga harus membawa bekal karena kantin di sekolah belum diizinkan buka.

Advertisement

Setiap akan masuk kelas, ia mengatakan, setiap siswa melewati pemeriksaan suhu. Karena itu, siswa diminta datang ke sekolah sejak pukul 07.00 WIB meski kegiatan belajar-mengajar dimulai pukul 07.30 WIB.

Aturan lainnya, Maiyatun mengatakan, tiap siswa yang sakit, batuk atau pilek dilarang masuk sekolah. Namun begitu mereka tetap belajar dari rumah secara daring. “Model dan tema pembelajaran tetap sama dengan belajar tatap muka,” tambah guru yang juga alumni dari SMPN 1 Batam tersebut.

Rata-rata satu kelas di SMPN 1 Batam berisi 36 siswa. Namun untuk satu shift hanya 18 siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka. Sisanya masuk di shift kedua yakni mulai dari pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB.

“Setiap harinya kita belajar lima mata pelajaran, dimana satu mata pelajaran itu selama 30 menit. Tak ada istirahat, datang ke sekolah, belajar dan pulang, ” bebernya…. (selengkapnya di Koran Harian Batam Pos edisi besok)

Reporter: Rengga Yuliandra
Editor: Chahaya Simanjuntak