Total Football

Phil Foden Catatkan Penampilan ke-100 Bersama City

Gelandang Manchester City Phil Foden. (F. Clive Brunskill/POOL/AFP)

batampos.id – Rekor baru ditasbihkan oleh gelandang muda Manchester City Phil Foden. Phil Foden mengukir penampilan ke-100 untuk Manchester City pada Rabu (27/1) saat bertandang ke West Bromwich Albion.

Jebolan akademi City dan sosoknya telah lama digadang-gadang sebagai calon bintang untuk klub di masa depan. Pemuda 20 tahun itu sekarang memiliki peran penting di tim arahan Pep Guardiola. Ia menjadi pencetak gol terbanyak untuk klub musim ini.

Foden mengemas debut senior saat City melawan Feyenoord di Liga Champions pada November 2017 silam. Kini Foden secara bertahap mendapat tempat penting di tim Pep Guardiola.

Advertisement

Meski awalnya kesulitan memiliki menit bermain di City, Foden sekarang telah berkembang menjadi salah satu pemain penting. Padahal saat ini usianya baru menginjak 20 tahun.

BACA JUGA: Legenda Manchester City Sebut Masa Aguero Sudah Usai

Terlepas usianya yang muda, Foden sukses meraih beberapa trofi bersama klubnya. Termasuk dua gelar Liga Primer, satu Piala FA dan tiga Piala Liga.

Musim ini, Foden bahkan berstatus topskor klub di semua kompetisi dengan lesakan sembilan gol dalam 25 penampilan. Satu gol lebih banyak dari yang ia jaringkan di 38 penampilan musim lalu.

Mengutip akun Twitter resmi klub jelang pertandingan di The Hawthorns, mantan penyerang Manchester City Shaun Goater tak sungkan memuji sang pemain muda.

“Saya sangat menyukai apa yang saya lihat dari Foden. Dia menghadirkan energi, dia memiliki kebijakan di kepalanya ketika Anda melihatnya di lapangan,” ujarnya.

“Dia membuat banyak keputusan dan Anda pikir ‘dia seperti sudah lama di sini untuk pemain seusianya’. Itu menyenangkan untuk dilihat dan saya tak sabar untuk melihatnya bermain lebih sering,” puji Goater.

Dengan Kevin De Bruyne yang akan absen selama enam pekan karena cedera hamstring, City tampaknya bakal mengandalkan tenaga Foden.

Tak lama setelah City mengamankan kemenangan atas Celtenham di Piala FA pada akhir pekan kemarin, Pep meyakinkan Foden untuk melupakan tekanan soal mengisi peran De Bruyne.

“Kami memiliki pemain. Phil harus menjadi Phil dan bukan Kevin De Bruyne karena di sana hanya ada satu Kevin De Bruyne,” tegas Pep. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo