Nasional

Kunjungan Kerja Perdana, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Berkunjung ke PBNU

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan cenderamata kepada Ketum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA, saat menyambangi kantor Pengurus Pusat Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis (28/1). (Dok Humas Polri)

batampos.id – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyambangi kantor Pengurus Pusat Nahdlatul Ulama (PBNU). Ini merupakan kunjungan kerja perdana Sigit usai dilantik menjadi pimpinan Korps Bhayangkara, Rabu (27/1).

Sigit mengatakan, sudah mengenal Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj sejak lama. Namun secara formil baru kali ini dilaksanakan. Dalam kunjungan ini Sigit meminta ormas islam terbesar di Indonesia ini agar membantu menyukseskan program-program Polri ke depan.

’’Meningkatkan sinergi umaroh dan ulama didalam melaksanakan program-program pemeliharaan Harkamtibmas karena memang ke depan Polri tidak mungkin bekerja tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat,’’ kata Sigit di kantor PBNU, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (28/1).

Advertisement

Dalam perbincangan bersama jajaran pengurus PBNU, Sigit menilai PBNU menyatakan dukungan penuh kepada Polri dalam melaksanakan program kerjanya. Dengan begitu, diharapkan keamanan dan ketertiban masyarakat bisa terjaga dengan baik.

’’Kami sangat berterima kasih, beliau memberikan support penuh kepada Polri untuk bersama-sama bisa melaksanakan seluruh program-program dalam rangka menjaga stabilitas Kamtibmas kita,’’ kata Sigit. ’’Jadi, Kapolsek dengan pengurus NU Cabang, kemudian Kapolres dengan pengurus NU diatasnya sampai Polda, kami Kapolri bersinergi dengan pimpinan Pusat PBNU Pak Kiyai Said Aqil,’’ imbuhnya.

Sebelumnya, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebaga Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantika dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/1).

Proses selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan sebagai Kapolri. Pembacaan sumpah dipimpin oleh Jokowi dan diulang oleh Listyo.

’’Demi Tuhan yang Maha Esa. Saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi Tribata. Kiranya tuhan menolong saya,’’ ucap Jokowi yang diulangi oleh Listyo. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim