Nasional

Pilih Ketua Baru, BPC Hipmi Kota Batam Gelar Muscab

Ketua BPC Hipmi Kota Batam MK Sendy Sinnay didampingi Ketua OC Yasir Abdillah saat menjelaskan kesiapan gelaran Muscab di Sekretariat BPC Hipmi Kota Batam, Kamis (28/1). F. Ryan Agung/Batam Pos

batampos.id – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Batam akan menggelar musyawarah cabang (muscab). Muscab ini digelar untuk menyusun kepengurusan BPC Hipmi masa bakti 2020-2023.

Muscab BPC Hipmi Kota Batam ini akan digelar di Hotel Travelodge, Seijodoh, Sabtu (30/1). Agenda utama dalam muscab ini adalah pemilihan ketua umum BPC Hipmi 2020-2023.

Ketua BPC Hipmi Kota Batam MK Sendy Sinnay menjelaskan muscab kali ini mengambil tema “Pengusaha Muda sebagai Pilar Ekonomi bangsa”. Ia berharap dalam muscab nanti akan terpilih kepengurusan baru yang siap melanjutkan program kerja pengurus sebelumnya.

Advertisement

“Masa bakti kepengurusan terdahulu sebetulnya telah habis pada November tahun lalu. Tetapi dikarenakan pandemi, pembentukan kepengurusan baru bisa dilaksanakan akhir Januari nanti,” kata Sendy saat ditemui di Sekretariat BPC Hipmi Kota Batam, Kamis (28/1).

BACA JUGA: Sandi Sebut Kondisi Saat Ini Lebih Parah dari Krisis 1997 dan 2008

Pembentukan kepengurusan baru, lanjutnya, merupakan amanah dari AD/ART BPC Hipmi Kota Batam. Dimana dalam AD/ART menyebutkan jika kepengurusan BPC Hipmi Kota Batam akan dipilih dalam tiga tahun sekali.

“Ketua BPC Hipmi Kota Batam dipilih langsung oleh anggotanya. Tetapi pemilik hak suara dalam muscab nanti memenuhi beberapa persyaratan tertentu,” urainya. “Selain pemilihan ketua, yang terpenting adalah penyusunan program kerja BPC Hipmi Kota Batam,” tambah Sendy.

Ia berharap kepengurusan baru nanti bisa lebih aktif berperan bersama pemerintah membangun perekonomian Batam. “Hipmi adalah organisasi yang berperan aktif pada masyarakat melalui corparate social responsibility (SC) dan UMKM,” katanya.

“Hipmi juga mempunyai peran aktif dalam menciptakan entepreneur-entepreneur muda baru di Batam,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Organizing Commitee (OC) Muscab BPC Hipmi Kota Batam, Yasir Abdillah, menerangkan jika muscab digelar dengan menerangkan protokol kesehatan ketat.

Sejumlah instansi terkait, pemangku kebijakan, dan organisasi sejenis akan menghadiri muscab ini. “Wali Kota Batam dan selaku ex-oficio BP Batam juga diundang dalam muscab ini,” terangnya.

“selain itu muscab ini akan dihadiri Kadin Batam, Apindo, Iwapi, da asosiasi lain yang berkaitan dengan Hipmi,” terang Yasir.

Ia berharap ke depan pertemuan antara pelaku ekonomi dengan pemerintah sering digelar. “Meski saat ini pandemi tapi pertemuan seperti ini menjadi satu cara untuk mencari solusi membangkitkan perekonomian Batam,” jelasnya.

Yasir mengungkapkan dalam muscab nanti, panitia menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Panitia menyiapkan thermal gun, hand sanitizer, dan mewajibkan penggunaan masker bagi peserta,” urainya.

Selain itu, panitia juga menerapkan social distancing dalam pelaksanaan kegiatan serta pembatasan jumlah peserta. “Selain tatap muka, panitia juga menyiapkan sarana virtual dalam muscab nanti. “Yakni menggunakan aplikasi zoom meeting,” tegasnya.

Pelaksanaan Muscab BPC Hipmi Kota Batam akan dilaksanakan mulai pukul 11.30 WIB. “Diawali dengan seremoni pembukaan, sidang komisi, sidang pleno, dan pemilihan ketua,” tutup Yasir. (*)

Reporter: Ryan Agung
Editor: Putut Aryo