Total Football

Resmi Bermain di Korea, Asnawi Mangkualam: Saya Siap Kerja Keras

Asnawi Mangkualam sedang diperkenalkan sebagai pemain tim Korea Selatan Ansan Greeners FC. (K League)

batampos.id – Empat belas hari sudah Asnawi Mangkualam menjalani karantina di Korea Selatan. Kemarin (17/2) adalah hari terakhir karantina. Setelah resmi diperkenalkan, Asnawi rencananya mulai berlatih bersama tim barunya, Ansan Greeners FC, hari ini.

Mantan pemain PSM Makassar itu merasa senang bisa menjalani masa karantina dengan baik. Plus tubuhnya dinyatakan sehat dan bebas dari virus korona. ’’Selama karantina, saya juga mendapat program latihan dari tim,’’ tuturnya.

Asnawi mengatakan sudah dijemput pihak Ansan Greeners FC kemarin. Dia telah bertemu dengan tim pelatih dan pemain lain. ’’Besok (hari ini) mungkin saya bisa langsung ikut latihan,’’ lanjutnya.

Advertisement

Setelah keluar dari lokasi karantina, pemain berusia 21 tahun itu menuturkan tidak ada masalah dengan cuaca. Bahkan, mulai bisa menikmatinya walau memang sangat banyak perbedaan dengan cuaca di Indonesia.

’’Cuacanya tidak jauh berbeda dengan kali pertama saya datang. Jadi, tidak ada masalah untuk adaptasi. Hanya, memang saya harus memulai dari awal semuanya,’’ paparnya.

Asnawi mengungkapkan, selama karantina, pelatih Ansan Greeners FC Kim Gil-sik sudah berkomunikasi dengannya. Banyak masukan dan saran agar dia bisa langsung klop dengan program latihan tim.

’’Saya juga sudah siap kerja keras dan semoga bisa membuktikan kualitas saat latihan,’’ harapnya.

Soal bahasa, Asnawi menyatakan tidak ada masalah. Dia sering berkomunikasi dengan agennya, Gabriel Budi, menggunakan bahasa Inggris. ’’Saya juga baca-baca kamus bahasa Korea Selatan di sini. Belajar sedikit-sedikit,’’ ucapnya.

Pemain kelahiran 4 Oktober 1999 itu mengaku memang belum mengenal satu pun pemain di dalam tim. Meski begitu, dia berjanji mencoba membaur dan berharap bisa secepatnya mengenal semua pemain Ansan Greeners FC. ’’Kebanyakan pemain muda. Jadi, mungkin saya tidak kesulitan nanti,’’ katanya. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim