Ekonomi & Bisnis

Stop Produksi, Kapan Lays, Cheetos, dan Doritos Ditarik Dari Pasaran?

Ilustrasi supermarket (Istimewa)

batampos.id – Pepsico mengumumkan bahwa produk Lays, Doritos, hingga Cheetos yang tak lagi berproduksi di Indonesia. Produk-produk tersebut juga akan ditarik dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan.

“Produk akan ditarik dari pasar setelah masa transisi 6 bulan, yaitu di Agustus 2021,” tulisnya dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Kamis (18/2) kemarin.

Keputusan tersebut diambil usai PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk secara resmi membeli seluruh saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang awalnya dimiliki Fritolay Netherland Holding B.V., afiliasi dari PepsiCo Inc. mulai 17 Februari 2021.

Advertisement

BACA JUGA : Lays, Doritos, dan Cheetos akan Berhenti Produksi Mulai Agustus 2021

Hal tersebut dibenarkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Artinya demikian bila dihitung dari tanggal transaksi, maka mulai Agustus 2021, makanan ringan produksi PepsiCo seperti Lay, Doritos, hingga Cheetos harus stop produksi.

“Sehubungan dengan dilakukannya transaksi, maka IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo, yang harus sudah diselesaikan dalam waktu 6 bulan dari sejak tanggal dilakukannya transaksi,” ujar Corporate Secretary ICBP Gideon A. Putro.

Adapun, nilai transaksi dari aksi beli saham tersebut mencapai Rp 494 miliar atau sebanyak 49 persen dari total seluruh saham yang telah diterbitkan IFL. Saat ini, kepemilikan saham ICBP dalam IFL menjadi 99,99 persen dari total seluruh saham yang diterbitkan IFL.

“Fritolay, PepsiCo dan atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Jpgroup
Editor : Jamil Qasim