Nasional

Kompol Yuni Ditangkap karena Narkoba, Kompolnas: Dia Beri Contoh Buruk

Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi (IKstimewa)

batampos.id – Kompolnas menyoroti ditangkapnya mantan Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi dalam kasus narkoba. Sebagai perwira perempuan di internal Polri, sangat disesalkan jika perempuan kelahiran Porong, Sidoarjo, 23 Juni 1971 itu  terlibat kasus narkoba.

’’Yang bersangkutan perwira dan Polwan. Padahal Polwan jumlahnya hanya sekitar 7 persen di Polri, apalagi yang perwira. Seharusnya dengan jumlah yang sedikit tersebut, Polwan harus bisa menunjukan prestasi serta kualitas,’’ kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan, Jumat (19/2).

Poengky menilai,  apabila Yuni memang terbukti terlibat kasus narkoba, maka telah memberikan contoh tidak baik untuk anggota lainnya. Perbuatannya tersebut telah merusak citra baik Polri. ’’Jika terbukti mengonsumsi narkoba, ulah Kompol Y juga telah mencoreng nama baik Polwan,’’ jelasnya.

Advertisement

Sebelumnya, Propam Polri mengamankan belasan anggota Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat atas dugaan penggunaan narkotika pada Selasa (16/2). Dari pihak-pihak yang diamankan, terdapat pula Kapolsek Astana Anyar, Kompol Yuni.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi A. Chaniago mengatakan, jumlah anggota yang ditangkap sebanyak 12 orang. ’’Benar adanya saya sampaikan, Propam amankan personel Polsek Astana Anyar, terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Ada 12 yang diamankan termasuk Kapolsek,’’ kata dia kepada wartawan, Rabu (17/2).

Kasus ini terungkap berdasarkan laporan masyarakat kepada Mabes Polri. Div Propam Polri kemudian mendalami laporan tersebut dan ditemukan adanya dugaan penyalahgunaan narkotika. ’’Kemudian dilakukan cek urine dan sebagainya. Sampai sekarang masih dilakukan pendalaman dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Propam Polda Jabar,’’ imbuhnya.

Mulanya Propam menangkap 1 anggota Polsek Astana Anyar dengan barang bukti sabu seberat 7 gram. Setelah dikembangkan, kasus itu turut menyeret belasan personel lainnya termasuk Kapolsek. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim