Metropolis

Membentuk Generasi Unggul melalui STQ Tingkat Kelurahan Tanjunguncang.

batampos.id – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kelurahan Tanjunguncang, Batuaji berlangsung di masjid Baiturrahman di RW 10 perumahan Marina View Jumat pagi (19/2/2021)


Dua peserta yang akan tampil Melda dan Ridho.
foto: Dalil Harahap / Batam Pos

STQ tingkat Kelurahan ini dibuka oleh Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin SP.d MM, yang dihadiri oleh ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Batuaji, Wakapolsek Batuaji AKP Indra, Babinkamtimas, Babinsa, ketua masjid se-Tanjunguncang dan Imam Masjid se-Tanjunguncang.

Selain itu dihadiri seluruh ketua RT dan RW se- Setanjunguncang yang terdiri 115 RT dan 24 RW.

Advertisement

Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin menyampaikan yang juara di Kelurahan belum tentu diutus ketingkat Kecamatan. Yang kita utus itu yang mencukupi standar nilai biarpun dia juara ditingkat Kelurahan kalau nilai tidak mencukupi tidak kita utus ke Kecamatan.

“Nah sudah ada yang kita persiapan untuk tingkat Kecamatan dari tahun sebelumnya yang kita sudah latih dengan nilai yang mencukupi standar juri.

Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin menegaskan lebih rinci, selama setahun belakangan sudah ada yang kita bimbing yang akan dipersiapkan di STQ ditingakt Kecamatan. Namun jika ada disaat seleksi ini yang melebihi nilai anak itu akan kita bimbing ditandingkan ke Kecamatan, jelasnya.

Ada enam perlombaan sebenarnya tahun ini karena masa pandemi covid-19 sehingga di Kelurahan hanya dilaksanakan tiga jenis lomba saja. Dan hari ini diselanggarakan tafis 1 juz saja.

Saya minta kekompakannya saja bagi panaitia terkhusus dan kerja samanya untuk kegiatan ini terutama ditingkat Kecamatan nanti itu yang terpenting.

Ditingkat STQ tingkat Kecamatan diselanggarakan di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah pada hari Senin tanggal 22 nanti.

Ketua umum masjid Baiturahman Bahren, mengatakan sebagai tuan rumah mengatakan terimakasih masjid kami sudah dibuat menjadi tuan rumah STQ tingkat Kelurahan yang diselenggarakan di masjid kami ini. Agar kegiatan ini berjalan lebih baik saya mohon ditingkatkan kekompakan dan tetap jaga protokol kesehatan. Dan STQ ini untuk meningkatkan kuwah islamiah dan minta baca alqur”an dengan anak-anak tingkat remaja terutamanya, ujarnya.

Sementara itu sekretaris STQ tingkat Kelurahan Rosmauli, mengatakan lomba tahun ini kita batasi karena masih pandemi. Biasanya ada 6 kategori perlombaan. Kali ini tilawah dewas 5 orang, anak anak 5 orang dan 25 tafis 1 juz. Sementara untuk rebana 5 peserta saja.

Masih kata Rosmauli, kegiatan STQ ini berlangsung dua hari dari hari Jumat sampai Sabtu dan sekaligus pembagian hadiah. Hadiah yang kita siapkan adalah piagam dan uang pembinaan bagi yang juara 1, 2 dan 3.

Dengan tema STQ kali ini “Kita Tingkatkan Minat baca Tingkat Pemahaman Al qur’an Serta Membentuk Generasi Unggul Sejalan Antar Ilmu dan Iman” sebut pembina Posyandu dan PKK Kelurahan Tanjunguncang ini.

Reporter : Dalil Harahap
Editor : Putut