Metropolis

Tanjunguncang Dapat Lima Kegiatan Prioritas Utama di Musrembang Kecamatan Batuaji

Suasana musrembang di kecamatan Batuaji yang dihadiri Walikota Batam M Rudi. (f.dalil/batampos.id)

batampos.id-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 tingkat Kecamatan Batuaji untuk kegiatan tahun anggaran 2022 digelar di aula Kampus Unrika Batam, Rabu (17/2/2021) malam. Musrenbang itu dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang juga Kepala BP Batam bersama Anggota DPRD Kota Batam Arlon Veristo, Safari Ramadan, Tumbur hutasoit, Muhammad Rudi dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

BACA JUGA: Sepuluh Tahun Terisolir dengan Jalan Rusak, Warga Tanjunguncang Berharap Perbaikannya Bisa jadi Kado Lebaran

Sebelum memaparkan usulan pembangunan tahun 2022 Camat Batuaji Ridwan Afandi menyebut bahwa telah melalui rangkaian Musrenbang tingkat Kelurahan dilakukan. “Ini Musrenbang tingkat Kecamatan kita sepakati usulan 20 program pembangunan yang akan dibangun baik normalisasi drainase maupun infrastruktur,” katanya.

Advertisement

Kata dia, tahapan Musrenbang berjalan lancar dan penuh kekeluargaan. Masyarakat dan RT/RW diberikan kesempatan untuk menyampaikan langsung pandangan tentang usulan-usulan yang telah disusun maupun yang belum masuk maupun yang belum masuk namun dianggap perlu dilaksanakan.

Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyebut bahwa meski keterbatasan anggaran karena dampak pandemi COVID-19 namun pihaknya akan tetap bangun Batam untuk anak dan cucu kelak nanti.  “Ini masih pandemi COVID-19, kita harus patuhi protokol kesehatan dan selalu rajin olahraga agar imun tubuh kita kuat,” katanya.

“Untuk anggaran pembangunan tidak hanya Pemko saja namun anggaran BP Batam juga  digunakan. Nah, ditambah lagi anggaran Pemerintah Provinsi Kepri karena sebentar lagi Gubernur dan Wakil Gubenur akan dilantik,” tambah dia.

Salah satu jalan yang masuk prioritas pembangunan di Tanjunguncang pada 2022 nanti sesuai hasil musrembang 2021 Kecamatan Batuaji.

Sementara itu Kelurahan Tanjunguncang mendapatkan 5 poin realisasi pembangunan prioritas. Diantaranya adalah, rehabilitasi kantor Kelurahan Tanjunguncang, pembangunan jalan row 30 panjang 850 meter lebar 5 meter berada di perumahan Central Park Residance, Glory Cahaya Permai, Bagaman RW 23, perumahan Sumberindo RW 24 dan perumahan Marina Green RW 18.

Dan pembangunan SD Negeri Kampung tua cunting RT 01 RW 01, pembangunan SMA negeri 1 unit di Citra indomas RT 02 RW 22.

Sekretaris komisi III DPRD Kota Batam yang merupakan utusan dari dapil Batuaji dari fraksi Nasdem, Arlon Veristo mengatakan di Kelurahan Tanjunguncang jalan jalan perumahannya belum diaspal dan belum di cor.

Dan banyak drainase bermasalah. ”Kemarin kita reses beberapa anggota dewan di perumahan Putra Jaya banyak keluhan warga soal drainase yang bermasalah yang mengakibatkan banjir. Kita tidak ada beda bedakan pembangunannya. Kita tetap mewakili Kecamatan Batuaji,” sebutnya.

”Saya memohon kepada dewan yang dapil Batuaji mengawal 5 prioritas utama ini. Karena ini semua kepentingan masyarakat luas. Memang di Batuaji ini ada 20 usulan se- Kecamatan Batuajinya,” ujar Lurah Tanjunguncang Anwaruddin . (*)

Reporter : Dalil Harahap
Editor   : tunggul