Total Football

Tottenham Hotspur Tekuk Wolfsberger 4-1, Leicester City Lawan Slavia Praha Imbang Tanpa Gol

Pemain Tottenham Hotspurs Gareth Bale dan Son Heung Min saat merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Wolfsberger dalam leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Puskas Arena, Budapest, Jumat (19/2/2021) dini hari. (Getty Images)

batampos.id – Tottenham Hotspur mengamankan kemenangan mudah 4-1 saat bermain di tempat netral melawan Wolfsberger di leg pertama babak 32 besar Liga Europa 2020/2021, Jumat (19/2) dini hari WIB tadi.

Kemenangan ini membuat langkah Spurs untuk melaju ke babak 16 besar semakin mudah, sedangkan Leicester harus berjuang lagi di leg kedua usai mengimbangi Slavia Praha tanpa gol.

Pertandingan ini terpaksa digelar di Puskas Arena, Budapest setelah tim dari Inggris dikenai larangan perjalanan ke sejumlah kawasan di Eropa, termasuk Austria yang merupakan negara asal Wolfsberger.

Di laga semalam, Spurs arahan Jose Mourinho turun tanpa diperkuat penyerang andalan Harry Kane dan sebagai gantinya mengandalkan Son Heung-Min di depan, yang ditopang oleh Lucas Moura di kiri, Dele Alli di tengah dan Gareth Bale di kanan.

Advertisement

Spurs hanya butuh 13 menit untuk memecah kebuntuan setelah Son menuntaskan umpan Bale menjadi gol. Dan tidak termasuk kualifikasi, Son adalah pemain kelima Spurs yang sanggup mencetak 20 gol di Eropa, setelah Kane (29), Martin Chivers (22) dan Jermain Defoe (20).

Keunggulan klub asal London itu bertambah di menit ke-28 ketika Bale memperdaya kiper Wolfsberger Alexander Kofler memaksimalkan assist Matt Doherty. Dengan sumbangannya itu, Bale sekarang sukses mengemas gol dan assist buat Spurs untuk kali pertama sejak April 2013 melawan Manchester City di White Hart Lane.

Enam menit dari gol Bale, giliran Moura yang mencatatkan namanya di papan skor untuk sekaligus membawa Spurs memimpin tiga bola jelang turun minum.

Tim tuan rumah sempat memperkecil keadaan melalui eksekusi penalti yang dilakukan oleh gelandang Michael Liendel, namun itu tak berarti banyak lantaran Spurs menjauhkan diri dari kejaran seturut gol pemain pengganti Carlos Vinicius di dua menit menuju waktu normal berakhir.

Hasil ini menjadi modal berharga bagi Spurs yang akan menjadi tuan rumah di leg kedua, yang menurut rencana digelar pada Jumat (25/2) dini hari WIB mendatang.

Sebelum itu, mereka harus mengalihkan fokusnya untuk menjalani derbi London melawan West Ham United dalam lanjutan Liga Primer Inggris matchday ke-25, yang bakal dilangsungkan di London Stadium pada Minggu (21/2) malam WIB lusa.

Di tempat lain, pertandingan yang mempertemukan Slavia Praha dan Leicester City berakhir imbang tanpa gol.

Bermain di Sinobo Stadium, Praha, Leicester yang mengandalkan kekuatan terbaiknya termasuk penyerang Jamie Vardy dibuat kesulitan untuk menembus ketatnya lini belakang tuan rumah yang dikawal empat bek.

Sampai waktu normal berakhir, juara Liga Primer 2015/16 itu tak sanggup membongkar pertahanan lawannya tersebut dan kini harus berjuang lagi diĀ leg kedua yang bakal digelar sepekan dari sekarang. (*)

Sumber: goal.com
Editor: Jamil Qasim