Ekonomi & Bisnis

Gojek Bekali Edukasi Keamanan Digital, UMKM Lebih Aman Kembangkan Usaha

F. Gojek Indonesia untuk Batam Pos
Hampir seluruh mitra usaha yakin mengembangkan bisnis dengan aman bersama Gojek setelah mendapat edukasi.

batampos.id – Gojek terus mendorong penguatan kompetensi keamanan digital mitra usaha di ekosistemnya. Langkah ini ditempuh guna semakin melindungi mitra usaha dari modus penipuan rekayasa sosial oleh oknum yang menyasar pelaku usaha di tengah tingginya adopsi digital masyarakat.

”Pembekalan kompetensi mitra usaha Gojek di tentang keamanan digital selama tahun 2020 membuahkan hasil yang positif, terbukti lewat hasil survei Gojek yang menyatakan bahwa hampir seluruh mitra usaha 98 persen yakin mengembangkan bisnis dengan aman bersama Gojek setelah mendapat edukasi,” ungkap Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung, Minggu (21/2).

Di 2021, berkolaborasi dengan penggerak inisiatif literasi digital, Siberkreasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI), Gojek kembali meneruskan inisiatif edukasi dan pelatihan untuk ribuan mitra usaha khususnya UMKM di bidang keamanan digital.

Advertisement

“Kami percaya edukasi merupakan langkah yang sangat efektif meningkatkan kewaspadaan mitra usaha terhadap berbagai modus penipuan oleh oknum,” jelasnya.
Inisiatif menyeluruh ini tidak hanya edukasi rutin mengenai langkah-langkah dalam memitigasi risiko penipuan, namun juga mendukung dari sisi peningkatan teknologi untuk keamanan mitra usaha.

”Hasilnya, survei Gojek mengenai tingkat kepercayaan mitra usaha Gojek menunjukkan, mayoritas mitra usaha kami 82 persen sudah memahami berbagai modus penipuan dan bagaimana menghindarinya,” ujarnya.

Selanjutnya, mayoritas mitra 99 persen juga setuju aplikasi GoBiz konsisten mengembangkan sistem yang fokus melindungi keamanan digital.

Adapun inovasi teknologi Gojek untuk memperkuat sistem keamanan di platform GoBiz termasuk, fitur daftar mandiri, fitur kelola pegawai, dan menu bantuan yang dapat membantu mitra usaha untuk menghindari modus-modus penipuan.

”Sementara, di sisi non teknologi, Gojek aktif mengkampanyekan pesan edukatif JAGA melalui berbagai kanal komunikasi mitra usaha,” sebut Novi Tandjung.

Gojek berharap edukasi keamanan digital ini akan semakin memberikan dampak positif secara menyeluruh kepada ratusan ribu mitra usaha di ekosistem Gojek, tidak terbatas kepada pengguna GoBiz dan mitra usaha GoFood. (*)

Reporter : AZIS MAULANA
Editor : YUNUS SUCHARI