Bintan-Pinang

Pelajar Magang Dilindungi Bpjamsostek

Penyerahan secara simbolis 156 kartu peserta Bpjamsostek untuk siswa magang, Senin (22/2/2021). (F. Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Bpjamsostek)  cabang Tanjungpinang serahkan sebanyak 156 kartu peserta Bpjamsostek untuk siswa magang dari SMKN 3 Tanjungpinang. Kepala Bidang (Kabid) Umum Sumber Daya Manusia (SDM) Bpjamsostek Cabang Tanjungpinang, Wahyu Wibowo menjelaskan program itu merupakan bentuk perlindungan dari Bpjamsostek untuk pelajar magang berupa jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian.

BACA JUGA: Kejagung Kumpulkan Bukti Dugaan Korupsi Dana Investasi BPJamsostek

“Ini tahap pertama, dalam waktu dekat akan kita serahkan kembali sebanyak 150 kartu peserta untuk siswa SMKN 3 Tanjungpinang, totalnya sekitar 300 kartu peserta,” kata Wahyu, Senin (22/2) .  Dijelaskan Wahyu program itu dinilai sangat penting untuk para siswa. Selama tiga bulan magang para siswa akan dilindungi, mulai berangkat dari rumah hingga sampai di tempat magang dan kembali ke rumahnya pada rute yang wajar, kecelakaan kerja yang bersangkutan akan dilindungi.

Advertisement

“Jaminan kematian juga sama, selama tiga bulan terdaftar sebagai peserta Bpjamsostek saat magang,” ujarnya. Program itu tidak hanya berlaku untuk pelajar yang magang di instansi pemerintah, untuk pelajar yang magang di instansi swasta juga akan mendapat perlakuan yang sama.

“Resiko itu selalu ada, baik pekerja maupun mahasiswa magang, diberikan sebagai antisipasi. Jika terjadi hal buruk ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan tetap mempertahankan kesejahteraannya,”papar Wahyu.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) Bidang Hubungan Masyarakat dan Industri, SMKN 3 Tanjungpinang, Hajirman menjelaskan bahwa resiko siswa magang dengan pekerja itu sudah sama,  terutama bidang teknologi saat ini memiliki resiko kerja yang tinggi.

“Mereka beresiko, dari dinas juga sudah ada edaran anak-anak yang akan turun magang juga harus berasuransi,” kata Hajirman. Saat ini durasi pelajar magang juga sudah dikurangi yang semua selama enam bulan dikurangi menjadi tiga bulan. Gelombang pertama 15 Februari hingga 15 Mei 2021 dan gelombang ke dua pada 15 Mei hingga 14 Agustus 2021. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul