Karimun

Puskesmas Tanjung Balai Karimun Kembali Layani Rawat Inap

UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun kembali membuka ruang rawat inap. (f,Surawan untuk batampos.id)

batampos.id – Setelah sempat menutup rawat inap selama pandemi covid, akhirnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tanjung Balai Karimun selama pandemi Covid-19 mulai Jumat (19/2/2021) UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun kembali membuka pelayanan rawat inap untuk mendukung pusat layanan Covid-19. ”Alhamdulillah, sekarang kita memberikan pelayanan kesehatan rawat inap berdasarkan SK Kepala Dinas Kesehatan Karimun no 023 tahun 2021,” jelas Kepala UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun Surawan, Minggu (21/2/2021).

BACA JUGA:Bupati Bintan Apri Tinjau Lokasi Pembangunan Puskesmas Mantang

Selama ditutup pelayanan kesehatan rawat inap, pihaknya tetap membuka pelayanan kebidanan, termasuk proses bersalin yang bisa dimanfaatkan bagi ibu-ibu yang akan melahirkan. Dan, sekarang pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun telah dipersiapkan 12 tempat tidur.

Advertisement

”Sebelumnya, kita lakukan penyemprotan dispensektan dahulu ruangan tersebut. Fasilitas sudah memadai semuanya, tapi tetap kita perketat protokol kesehatan (Prokes) baik itu pasien maupun keluarga pasien yang sangat dibatasi,” terangnya.

Masih kata Surawan, ada empat ruangan yang telah dipersiapkan yaitu ruang kelas tiga ada enam tempat tidur, ruang kelas dua empat tempat tidur, ruang kelas satu ada satu tempat tidur. Disamping itu, pihaknya telah menyediakan enam tempat tidur untuk rawat inap pasca persalinan.

”Insyallah, dokter maupun perawat kita siap melayani masyarakat yang membutuhkan rawat inap selama 24 jam. Tapi, saya imbau juga masyarakat agar tetap mengikuti prokes saat berobat di UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun,” pesannya.

Sementara itu pantauan di lapangan, UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun telah banyak memasang spanduk pesan dan imbauan penggunaan masker salah satu prokes. Sedangkan, kondisi taman ruang rawat inap terlihat tertata rapih dan asli dengan dedaunan yang cukup rindang.

”Baguslah. Sebab, UPT Puskesmas Tanjung Balai Karimun sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang berada diluar pulau Karimun. Untuk ditangani secepat mungkin dengan akses kelokasi cukup dekat,” kata Ketua DPW LMB Kepri Panglima Datuk Azman
Zainal saat dimintai tanggapannya. (*)

Reporter : Tri Haryono
Editor : Tunggul