Bintan-Pinang

42 Hektare Lahan Hutan Lindung Bukit Kucing, Tanjungpinang Terbakar

Personel DPKP saat memadamkan kebakaran di hutan lindung hingga malam, Minggu (21/2/2021) kemarin. (F. DPKP untuk batampos.id)

batampos.id – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Hantoni menjelaskan kebakaran yang terjadi di Hutan Lindung Bukit Kucing sudah terjadi pada Minggu (21/2/2021) kemarin dan sudah berhasil dipadamkan hingga pukul 22.35 WIB bersama tim gabungan dari Kepolisian, TNI serta masyarakat.  “Sekitar jam 10 sudah berhasil kita padamkan, tapu sekitar jam 1 malam api kembali menyala,” kata Hantoni, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA: Tiap Hari Ada Kebakaran Lahan di Bintan

Hingga hari kedua, dijelaskan Hantoni masih dilakukan pendinginan pada lokasi kebakaran untuk mencegah kebakaran di lahan tersebut. Hantoni juga berharap bantuan dari masyarakat setempat untuk ikut membantu proses pemadaman. “Area bukit kucing ini cukup sulit kita jangkau dan suplai air yang membuat proses pemadaman terkendala,” sebutnya.

Advertisement

Karena kondisi api yang cukup besar dan kecepatan angin yang cukup kencang sehingga proses pemadaman tidak bisa dihentikan, namun jika air mencukupi tentu dengan bantuan masyarakat kebakaran bisa segera dipadamkan.

“Penyebab sementara kami belum dapat menduga, tapi hasil identifikasi kami di lapangan kebakaran karena adanya pembakaran sampah,” sebutnya.

Hingga saat ini luas hutan lindung yang sudah terbakar mencapai 42 Hektare (Ha) sedangkan luas hutan lindung secara keseluruhan berdasarkan peraturan daerah (Perda) Kota Tanjungpinang sekitar 72 hektare. “Sejak awal kebakaran pada Januari 2021 luas lahan yang sudah terbakar cukup luas lebih 200 Hektare,” terangnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul