Home

Hutan Samping Bandara Hang Nadim Terbakar

batampos.id – Kebakaran hutan kembali terjadi di tepi Jalan Hang Tuah, tak jauh dari Bandara Hang Nadim Batam, Senin (22/2) siang. Cuaca yang panas dan hembusan angin yang kencang, membuat api dengan cepat menyebar. Beruntung, kebakaran tersebut tidak mengganggu aktivitas penerbangan pesawat di Bandara Hang Nadim yang tetap berjalan seperti biasa.

Asap mengepul akibat isi hutan terbakar.
foto: Cecep Mulyana / Batam Pos

General Manager BUBU Hang Nadim, Benny Syahroni, mengatakan, pemadaman api yang menjalar mendekati depot avtur atau bahan bakar pesawat, menjadi prioritas awal.
”Belum sampai (depot avtur), saat api menuju ke sana petugas dapat memadamkannya,” katanya, Senin (22/2/2021).

Benny mengatakan, kebakaran ini tidak mengganggu penerbangan. Hutan yang terbakar berada di bagian sisi kiri landasan, dan jaraknya cukup jauh. Ia mengaku, aktivitas penerangan sejauh ini masih normal.

Advertisement

”Tidak ada gangguan, penerbangan masih lancar semua,” tuturnya.

Dari informasi yang didapat Batam Pos, titik api terlihat sekitar pukul 11.00 WIB. Akibat cuaca yang kering, api terus membesar dan menyebar ke berbagai tempat. Untuk memadamkan api ini, tidak hanya petugas pemadam kebakaran, tapi dari Polda Kepri dan TNI juga ikut membantu memadamkan api.

Benny mengatakan, pukul 16.00 WIB api sudah mulai padam. Tapi, beberapa petugas masih berjaga-jaga, untuk memastikan tidak ada titik api lagi.

”Ini menunggu dingin, petugas masih standby di lokasi,” ucapnya.

Ke depannya, kata Benny, patroli akan lebih digiatkan. Apalagi, saat ini cuaca panas tanpa ada hujan, ditambah lagi angin kencang. Hal itu, akan memudahkan titik api menyebar.

”Makin ditingkatkan, agar mudah memantau titik-titik api kecil,” tuturnya.

Terkait kebakaran ini, Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur, mengatakan, penanganan kebakaran menjadi prioritas. Oleh sebab itu, setiap kejadian kebakaran, tim dari Polresta Barelang selalu siap siaga.

”Penanganan kebakaran lahan harus cepat, makanya baik siang atau malam anggota selalu siap turun membantu petugas pemadam kebakaran,” ungkapnya.

Ia mengaku, masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Yos berharap ke depannya masyarakat dapat menjaga dan memberitahu apabila terjadi kebakaran hutan maupun lahan.

”Apalagi sedang memasuki musim kemarau, laporkan segera bila melihat kebakaran hutan,” pungkasnya.

Mengetahui insiden kebakaran ini, Satsabhara Polresta Barelang dipimpin Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, juga langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kebakaran bersama sejumlah personel TNI. Mereka berjibaku memadampan api dengan menggunakan mobil AWC.

”Kami belum mengetahui penyebab kebakaran, sedang kita selidiki. Jika ada orang yang sengaja melakukannya, akan kita tindak tegas,” kata Kompol Firdaus.

Firdaus juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai kebakaran hutan karena saat ini Batam mulai memasuki musim kemarau. Kondisi itu akan membuat daun atau ranting yang kering, dapat dengan mudah tersulut api dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

”Jangan membakar sampah sembarangan, karena juga bisa menyebabkan kebakaran yang lebih luas jika tidak diawasi dengan seksama,” tuturnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu terjadinya kebakaran.

”Jika ada kebakaran hutan, segera laporkan, jangan sampai tunggu meluas. Apabila ada yang sengaja menyebabkan kebakaran, segera laporkan,” ujarnya. (*)

Reporter : Fany Wahyuni, FISKA JUANDA
Editor : RATNA IRTATIK