Total Football

PSMS Kecam Pembatalan Keikutsertaan Mereka di Piala Menpora 2021

Para pemain PSMS Medan melakukan latihan pada Juni 2020 lalu. (PSMS/Instagram)

batampos.id – PSSI dan PT LIB secara mendadak merevisi jumlah kontestan Piala Menpora 2021. Dari yang awalnya 18 klub Liga 1 plus dua klub Liga 2, kemarin jumlah pesertanya dipangkas.

Turnamen pramusim itu hanya diikuti 18 klub Liga 1. Hal tersebut dijelaskan Direktur Operasional LIB Sudjarno. ”Ya, 18 klub Liga 1 saja. Nanti ada empat grup, masing-masing berisi empat klub, dan hanya lima klub di dua grup,” jelasnya.

Itu berarti, PSMS Medan dan Sriwijaya FC yang sebelumnya jadi wakil Liga 2 harus absen. Sudjarno menuturkan, keputusan tersebut dibuat setelah adanya pertemuan dengan 20 peserta pada Jumat (19/2).

Advertisement

”Dua klub Liga 2 itu bukannya tak jadi, melainkan memang keputusan rapat dari PSSI dan PT LIB dengan 18 klub semalam (Jumat, Red),” timpalnya.

Untuk mewadahi keinginan klub kasta kedua yang ingin berkompetisi, LIB berencana membuat turnamen serupa khusus Liga 2. ”Yang Liga 1 turnamen prakompetisi Piala Menpora, yang Liga 2 sedang digodok,” ujarnya.

Klub Liga 1 yang masuk daftar kontestan Piala Menpora 2021 pun akan dimintai keseriusannya. Karena itu, LIB selaku operator Piala Menpora 2021 bakal mengirimkan surat kesediaan untuk bertanding.

Surat ini harus diisi klub bahwa mereka bersedia mengikuti semua regulasi Piala Menpora 2021. ”Dalam waktu dekat kami kirim ke klub, mungkin pekan depan,” jelas Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita.

Aturan yang tertuang, antara lain, mengikuti protokol kesehatan plus sanksi jika ada pelanggaran. Dalam formulir itu, juga nanti tertuang ketentuan logistik. Misalnya saja, apa yang ditanggung klub. Terutama soal biaya selama penyelenggaraan dan apa yang ditanggung penuh oleh LIB.

Di sisi lain, keputusan tidak mengikutsertakan klub Liga 2 mendapat tanggapan pihak PSMS. Sekretaris PSMS Julius Raja menuturkan, pihaknya kaget dengan apa yang dikatakan Sudjarno.

”Kami ini kan diundang, kok tiba-tiba dibatalkan. Saya sendiri sudah tanya kepada Dirut LIB Lukita. Katanya keputusannya Senin depan (22/2),” kecam Julius.

Padahal, PSMS sudah bersiap. Mereka sudah memanggil beberapa pemain untuk latihan. ”Saya pikir ini gara-gara ada klub Liga 2 lain yang merasa tidak dianggap karena hanya PSMS dan Sriwijaya yang diundang,” sindirnya.

Padahal, keikutsertaan PSMS dan Sriwijaya sudah tepat. Sesuai dengan prestasi di Liga 2 2019. ”Kami kan tidak aneh-aneh, sesuai kok. Jadi, mana yang membuat kami spesial bisa ikut Piala Menpora?” jelasnya. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim