Bintan-Pinang

Rentan Terpapar,  Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Tahap II

Nugraheni, (f. Peri Irawan/batampos.id)

batampos.id –  Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB)  Kota Tanjungpinang prioritaskan masyarakat lanjut usia (lansia) umum pada vaksinasi tahap II yang diperkirakan akan dimulai pada awal Maret 2021 mendatang. Lansia yang akan divaksin pada tahap II nanti merupakan warga yang berusia di atas 60 tahun.

BACA JUGA: Cocok untuk Kirim Vaksin Covid-19 ke Daerah Pelosok

Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Nugraheni menjelaskan yang menjadi sasaran vaksinasi tahap II dosis pertama adalah lansia umum sekitar 6.000 lebih dan pejabat publik sekitar 530 lebih. “Tahap dua ini jumlahnya sekitar 7.000 lebih yang diprioritaskan adalah lansia,”kata Nugraheni  Selasa (23/2/2021).

Advertisement

Proses vaksinasi tahap II yang akan dilakukan pada awal Maret 2021 itu masih dilakukan pada 11 titik fasilitas kesehatan (Faskes) yaitu tujuh puskesmas, dua rumah sakit dan satu kantor kesehatan pelabuhan (KKP). “Lansia umum harus divaksin di Faskes yang memadai karena takut ada efek setelahnya, walaupun dari nakes lansia yang sudah divaksin sebelumnya tidak ada efek apa-apa,”sebutnya.

Nugraheni memaparkan alasan vaksinasi diutamakan untuk lansia karena warga terpapar dari kasus pandemi covid-19 yang sudah mewabah hampir satu tahun di Tanjungpinang adalah lansia dengan persentase tertinggi.

“Ini alasanya kenapa lansia yang didahulukan. Pada angka kematian juga didominasi oleh lansia,” paparnya. Sementara untuk 530 lebih pejabat publik lainnya merupakan pegawai pemerintah seperti kepala dinas, camat, pejabat kejaksaan. Sedangkan TNI dan Polisi malah belum akan dicarikan waktu tersendiri.

Untuk dosis vaksin tahap II dalam waktu dua hari ke depan akan diterima dari Pemprov Kepri, diperkirakan pada awal Maret 2021 sudah mulai dilakukan penyuntikan. “Insyaallah awal Maret sudah mulai,” tambahnya. (*)

Reporter: Peri Irawan
editor: tunggul