Karimun

Ahli Waris Korban Covid-19 Bisa Ajukan Dapat Santunan ke Dinsos

Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di pantai Copacabana, yang menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit virus Corona (Covid-19), di Rio de Janeiro, Brazil, Kamis (11/6/2020). (F.Reuters/Pilar Olivares/aww/cfo)

batampos.id – Jumlah warga yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Kairmun ada 18 orang. Namun, sesuai data yang diterima Dinas Sosial Kabupaten Karimun untuk ahli waris yang diusulkan mendapatkan santunan hanya empat ahli waris. ”Kalau melihat data total sampai saat ini yang meninggal dunia akibat Covid-19 di daerah kita ada 18 kasus. Dan, khusus tahun lalu itu jumlahnya ada 14 kasus. Tapi, ahli waris yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan santunan meninggal akibat Covid-19 kepada kita hanya ada empat keluarga,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karimun, Sahruddin, Selasa (23/2/2021).

BACA JUGA: Ini Syarat Mendapatkan Santunan Bagi Ahli Waris Korban Covid-19

Sedangkan, lanjutnya, untuk ahli waris yang lain tidak ada melaporkan atau mengajukan permohonan kepada Dinsos Kabupaten Karimun. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, santunan itu dibayarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia memnggunakan APBN.

Advertisement

Tapi, data-dataya terkait usulan dikirim ke Dinsos Provinsi Kepri. ”Hanya saja, kita belum mendapatkan laporan dari empat ahli waris apakah sudah menerima santunan tersebut atau belum. Karena, kita (Dinsos, red) sifatnya hanya membantu mengusulkan ke Dionsos Provinsi Kepri. Sedangkan, untuk santunannya langsung dikirim ke rekening masing-masing ahli waris. Dalam, hal ini kita menghimbau kepada ahli waris agar melaporkan kepada kita. Baik sudah menerima atau belum santunan tersebut. Tujuannya untuk pendataan kita saja,” ungkapnya.

Perlu diketahui, tambah Sahruddin, jika ada masyarakat yang meninggal akibat Covid-19 tahun ini tidak bisa diusulkan untuk mendapatkan santunan. Hal ini sesuai dengan surat nomor 150/3.2/BS/01.02/02/2021 yang ditandatangani oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial disampaikan bahwa anggaran untuk pemberian santunan tersebut sudah tidak ada.

Sesuai berita di Batam Pos koran, Pemerintah Pusat melalui Kememnterian Sosial Republik Indonesia sempat memberikan bantuan kepada ahli waris yang meninggal akibat Covid-19. Besarnya santunan yang diberikan sebanyak Rp15 orang untuk satu orang meninggal dunia. (*)

Reporter: Sandi
editor: tunggul