Bintan-Pinang

Didukung DPRD Kepri, Batam Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar IDI

Wakil Ketua III DPRD Kepri, Tengku Afrizal Dachlan berdiskusi dengan rombongan PB IDI dan dan Pengurus IDI Kepri dan Batam, terkait pencalonan IDI Batam menjadi tuan rumah Muktamar IDI ke 31 pada Oktober mendatang, Selasa (23/2) di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang. (F. Jailani/Batampos.id)

batampos.id-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Batam menyatakan siap menjadi tuan rumah Muktamar IDI ke 31 yang akan digelar Pengurus Besar (PB) IDI pada Oktober 2021 mendatang. Keinginan tersebut mendapatkan dukungan dari DPRD Provinsi Kepualauan Riau (Kepri).

BACA JUGA: Wartawan dan Tenaga Pendidik Masuk Gelombang Kedua Penerima Vaksin Covid

“Kita siap bersaing dengan empat daerah untuk menjadi tuan rumah Muktamar IDI ke 31 tahun 2021 ini. Keinginan ini sudah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik itu Pemko Batam, Pemprov Kepri, dan DPRD Provinsi Kepri,” ujar Ketua IDI Cabang Batam, Dr. Indra Yanti disela-sela pertemuan dengan Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, Tengku Afrizal Dachlan di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Selasa (23/2/2021).

Advertisement

Dijelaskannya, sejak awal pekan, Tim dari Pengurus Besar (PB) IDI sudah turun ke Batam untuk melakukan penilaian. Ditegaskannya, Batam sangat representatif untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan yang dihelat setiap tiga tahunan tersebut. Menurutnya, apabila Batam mendapatkan kepercayaan, tentunya bukan sebatas untuk menggelar proses pemilihan kepengurusan PB IDI yang baru saja.

“Dijadwalkan ada 3.000 sampai 3.500 dokter dari berbagai daerah akan berkumpul pada agenda itu nanti. Tentu ini juga memberikan banyak manfaat bagi daerah,” jelasnya.

Pihaknya berharap, mendapatkan kepercayaan tersebut dari PB IDI. Ia mengemukan, Batam memiliki banyak aspek untuk mendapatkan kepercayaan tersebut. Sebagai daerah pariwisata nasional dan internasional, Batam memiliki akses penerbangan tentunya ke berbagai daerah di Indonesia.

“Apabila keinginan terwujud, tentu kehadiran ribuan dokter akan turut menggerakan berbagai sektor ekonomi daerah. Tentu ini kabar baiknya, selain terselenggaranya proses pemilihan Ketua PB IDI yang baru untuk priode tiga tahun kedepan,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, bagi mendapatkan dukungan yang kuat, pihaknya sudah menyampaikan keinginan ini kepada Walikota Batam, DPRD Kota Batam, Gubernur Kepri terpilih, Ansar Ahmad, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah dan Pimpinan DPRD Provinsi Kepri.

BACA JUGA: Dokter Spesialis Paru: Tak Pakai Masker Berisiko Kena Covid dalam 20 Menit

“Tentu ini menjadi sejarah, apabila benar-benar kita dipilih sebagai tuan rumah Muktamar IDI. Semoga apa yang kita inginkan terwujud dan memberikan banyak manfaat bagi daerah ini,” tutup Dr. Indra Yanti.

Ketua Tim Kredensial Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Ramlan Sitompul mengatakan, pihaknya mencatat beberapa aspek setelah melakukan penijauan kebeberapa lokasi di Batam. Salah satunya adalah Sekretariat IDI Cabang Batam. Selain itu adalah faktor pendukung, seperti hotel, bandara.

“Selain Batam, ada Bandung DKI Jakarta, dan Aceh yang menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah. Namun daerah mana yang akan diputuskan tentu masih melalui proses penilaian oleh PB IDI. Keputusannya akan disampaikan pada Maret mendatang,” ujar Ramlan Sitompul.

Menurutnya, Muktar IDI ke 31 pada Oktober mendatang tetap berlangsung ditengah pandemi Covid-19 tentunya. Maka dari itu, kesiapan daerah untuk menggelar tentunya harus didukung dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari Bandara, Hotel, sampai ke lokasi kegiatan.

“Karena kita Dokter tentunya harus ada SOP yang tepat, misalnya seperti screening untuk mendeteksi setiap peserta. Sehingga apabila ada yang terdetek, langsung dilakukan penapisan,” jelasnya.

Wakil Ketua Panitia Muktamar IDI, Dr. Hendry Hartono menambahkan, Muktamar IDI ke 31 nanti, bukan hanya untuk memilih Ketua PB IDI untuk priode tiga tahun kedepan. Karena pada saat bersamaan, Ikatan Istri Dokter (IID) juga akan melakukan pertemuan nasional.

“Kita optimis kegiatan akbar ini akan terlaksana, meskipun sifatnya ekstra ordinary. Kita berharap Muktmar nanti bisa menjadi rol model kegiatan akbar ditengah pandemi,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri, Tengku Afirzal Dachlan menyambut baik keinginan dari IDI Cabang Batam untuk menjadi tuan rumah Muktamar IDI ke 31. Mantan Ketua IDI Provinsi Kepri tersebut mengatakan, pihaknya akan memberikan yang terbaik, apabila Batam mendapatkan kepercayaan tersebut.

“Kepri, Batam khususnya memiliki semua instrumen pendukung untuk menjadi tuan rumah Muktamar IDI ke 31 pada Oktober mendatang. Saya berharap Tim Penilai yang turun dapat memberikan nilai terbaik,” ujarnya pada kesempatan itu.

BACA JUGA: Tangani Covid-19, IDI Kepri Siapkan 50 Dokter Umum

Politisi Partai Nasional Demokrat Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, kegiatan itu nanti dapat memberikan citra positif bagi Kepri, Batam khususnya. Ia merasakan, Pandemi Covid-19 ini benar-benar sudah merubah berbagai hal. Menurutnya, dengan berjalannya proses vaksinasi Covid-19 ini, bisa menjadi memberikan dampak bagi bangkitnya pariwisata dan ekonomi daerah tentunya.

“Kita tahu, semua rindu untuk saling bertemu. Semoga kegiatan onffline itu nanti, bisa menjadi contoh. Karena memang, pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhirnya. Sehingga kita tetap harus berdampingan, dengan memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya. (*)

Reporter: Jailani
editor: tunggul