Nasional

Hari Ini, Kapolri Lantik Kabareskrim Baru Hingga 4 Kapolda

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

batampos.id – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo hari ini dijadwalkan melantik Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Kabareskrim baru. Selain itu, beberapa Kapolda yang mendapat promosi pun akan dilantik bersamaan.

“Rencana (hari ini serah terima jabatan),” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (24/2).

Rusdi mengatakan, pelantikan dan serah terima jabatan akan berlangsung di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Pelantikan ini meliputi posisi Kabareskrim, Kabaintelkam, Kabarhakam, dan 4 Kapolda.

Advertisement

“(Sertijab) seluruhnya tidak hanya Kabareskrim termasuk beberapa Kapolda,” jelas Rusdi.

Sebelumnya, kursi kosong Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri akhirnya terisi setelah ditinggalkan oleh Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo karena menjadi Kapolri. Sigit memutuskan menunjuk seniornya Komjen Pol Agus Andrianto menjadi Kabareskrim.

Promosi ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri dengan nomor ST/318/II/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021. Telegram tersebut ditandatangani oleh AS SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Komjen Agus sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam) Polri. Posisi Agus akan diisi oleh Komjen Pol Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Kapolri menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjadi Kalemdiklat. Jabatan Rycko selanjutnya akan diisi oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim