Internasional

Kali Perdana, Biden Menghubungi Pemimpin Irak, Bahas Perdamaian dan Politik

PM Irak Mustafa Al-Kadhimi. ( F Twitter @MAKadhimi)

batampos.id – Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R Biden menghubungi pemimpin Irak, Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi. Ini kali perdana negara superpower itu menghubungi Irak, negara rival yang dianggap oleh para pemimpin AS sebelumnya. Pembicaraan ini membahas seputar perdamaian dan juga kondisi politik.

Biden menghubungi PM Mustafa Al-Kadhimi setelah delapan hari lalu terjadi serangan bom di Erbil, bagian utara Irak yang menewaskan beberapa tentara AS. Akibat serangan di zona hijau itu, AS menyarahkan Syah atas kejadian ini.

“Saya berbicara dengan Presiden AS hari ini. Kami membahas komitmen dalam memperkuat hubungan Irak-AS demi kepentingan rakyat. Kami juga membahas kerjasama dalam memerangi ISI guna memastikan perdamaian dan stabilitas regional,” ujar Mustafa melalui akun Twitter miliknya @MAKhadimi seperti dilansir dari The National News, Rabu (24/2/2021).

Advertisement

Dalam cuitannya itu, Mustafa juga mengatakan antara Irak dan AS akan terus membahas dialog strategis dua negara. “Dialog strategis itu menjadi arah untuk masa depan,” ungkapnya.

Selain Biden, sebelumnya, Pada 28 Januari 2021 lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga memberikan ucapan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein melalui panggilan pertama ke rekan Arabnya tersebut. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak
Editor: Redaksional