Sport

Karatsev Loncat 72 Peringkat

Petenis Rusia Aslan Karatsev saat bertarung melawan pemain asal Bulgaria Grigor Dimitrov pada perempat final Australian Open 2021 hari ini WIB (16/2). (Brandon Malone/AFP Photo)

batampos.id – Rampungnya grand slam pembuka tahun ini, Australia Terbuka, pada akhir pekan kemarin menyisakan cerita. Ranking dunia para petenis yang meraih hasil apik di Melbourne melonjak drastis. Bahkan ada yang sampai loncat 72 peringkat.

Petenis yang posisinya naik sampai 72 peringkat tersebut adalah Aslan Karatsev. Petenis Rusia itu memang membuat kejutan besar di Melbourne Park tahun ini. Dia datang hanya sebagai petenis kualifikasi. Namun, petenis 27 tahun itu bisa menembus semifinal.

Yang makin bikin takjub, penampilannya di Australia Terbuka tahun ini adalah debutnya tampil di babak utama ajang mayor. Sebelumnya dia selalu sudah kalah di babak kualifikasi. Kini dengan mampu menembus babak empat besar grand slam, Karatsev berhak berada di peringkat 42 dunia. Sebelumnya dia datang ke Australia dengan hanya menduduki ranking 114 dunia.

Advertisement

“Aku selalu berusaha percaya dengan apa yang aku lakukan di dalam lapangan. Itu ternyata bisa membantuku banyak hal dalam memenangkan pertandingan,” ucap Karatsev dilansir The Guardian.

Novak Djokovic yang menjadi kampiun ajang ini makin kuat menduduki ranking 1 dunia. Petenis Serbia itu bahkan segera menahbiskan diri sebagai petenis dengan durasi terlama berada di ranking 1 dunia dengan total 311 pekan. Dia bakal melewati raihan Roger Federer yang total punya 310 pekan di ranking satu dunia.

Peringkat Naomi Osaka yang menjadi juara sektor tunggal putri juga terkerek. Kini dia kembali menduduki ranking 2 dunia. Sebelumnya dia berada di ranking tiga. Petenis Rumania Simona Halep yang sebelumnya berada di peringkat dua, kini turun di urutan ketiga. Lolos sampai semifinal juga membuat Serena Williams kembali di jajaran top ten. Petenis 39 tahun itu kini menduduki peringkat 7 dunia setelah sebelumnya berada di ranking 11. (*)

Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim