Ekonomi & Bisnis

Lion Berikan Gratis Bagasi Untuk Rute Batam-Jakarta

Calon penumpang melakukan check-in dikonter maskapai Lion Air di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (22/1). Maskapain Lion Air sudah mulai memberlakukan penerapan bagasi berbayar. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.id – Maskapai Lion Air memberikan bagasi gratis hingga 15 kilogram, mulai dari 22 Februari bagi rute Batam ke Jakarta atau sebaliknya. Bagasi gratis ini hanya untuk keberangkatan melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan bahwa layanan bagasi gratis ini merupakan program baru dari Lion Air, dengan tujuan menjawab peluang dan tantang bisnis di kala pandemi.
”Masa berlakunya hingga ada pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Ia mengatakan penerbangan bagasi gratis ini untuk meningkatkan minta berpergian menggunakan pesawat udara Selain itu, tentunya meringankan beban para penumpang di saat masa pandemi ini.

Advertisement

Bagasi gratis ini tercatat sebagai barang bawaan dari penumpang. Nantinya, penumpang menyerahkan dan melaporkan melalui petugas Lion Air di konter check in. Lalu kemudian bagasi akan di bawa ke kompartemen kargo pesawat.

”Gratis bagasi ini, berlaku khusus pemesanan awal sebelum keberangkatan, baik melalui Batam (Hang Nadim maupun Jakarta (Soetta),” ucapnya.

Proses mendapatkan bagasi gratis ini, bersamaan saat membeli tiket. Apabila memesan tiket secara online, pilih menu gratis 15 kg yang tertera harga Rp 1. Proses mendapatkan bagasi gratis, minimal pemesanan 6 jam sebelum keberangkatan. Petugas akan melakukan pengecekan bagasi di konter check in, jika melebihi 15 kg maka sisanya harus dibayar.

Khusus untuk keperluan bayi di antaranya kursi lipat, kereta lipat, keranjang atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi atau bagasi kabin penumpang. Tergantung ukuran, dimensi sera ketersediaan ruang.

Selain itu, penumpang dilarang mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat. Misalnya bahan peledak, bahan magnetik, zat beracun, semua jenis kompor untuk memasak, zat radioaktif dan gas. Danang juga mengingatkan penumpang saat check in pastikan bagasi dilabeli sesuai data penerbangan dan destinasi. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama. (*)

 

Reporter : FISKA JUANDA
Editor : YUNUS SUCHARI