Kepri

Musim Kemarau, Tiap Hari Ada Kebakaran Lahan di Natuna 

Personel DPKP saat memadamkan kebakaran di hutan lindung hingga malam, Minggu (21/2/2021) kemarin. (F. DPKP untuk batampos.id)

batampos.id- Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Natuna. Hal ini juga menjadi tanda bahwa Natuna memasuki musim kemarau. Demikian disampaikan Kepala Seksi Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi Dan Rekontsruksi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, Elkadar Lesmana di Jalan DKWM Benteng Ranai, Selasa (23/2/2021).

BACA JUGA: Cuaca Panas Waspada Kebakaran Lahan

Ia mengaku belakangan ini pihaknya cukup kerepotan dengan kebakaran lahan karena hampir setiap hari terdapat laporan terkait adanya kebakaran lahan yang harus diselesaikan secepat mungkin. “Di bulan Februari ini hampir setiap hari ada kebakaran lahan. Sampai tanggal 23 ini sudah terdapat 23 pristiwa kebakaran lahan yang sudah kami tangani. Maka cukup repot jadinya, kami siaga terus di markas,” sebut Elkadar.

Advertisement

Menurutnya, peristiwa kebakaran lahan itu disebabkan oleh beraneka ragam sebab mulai dari tindakan manusia yang membakar sampah, membersihkan lahan dengan cara dibakar serta ada juga pristiwa yang disebabkan oleh kehendak alam itu sendiri.

“Kami saat ini selain siaga juga melakukan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat,” kata Elkadar. Dengan demikian Ia berharap dari segala bentuk kegiatan yang dilakukannya ini dapat menumbuhkan kesadaran dan pemahaman bersama sehingga keselamatan alam dari ancaman kebakaran dapat lebih terjamin. “Agar peristiwa serupa dapat berkurang dengan sendirinya,” harap Elkadar. (*)

Reporter: Sholeh
Editor: tunggul