Nasional

Risma Bakal Lelang Mobil Mewah Hadiah Batik Air, Nilainya Rp 8,3 M

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau mobil Rolls-Royce di salah satu Gudang Kemensos, Jakarta, Selasa (23/2/2021). Mobil mewah itu akan dilelang (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS.)

batampos.id – Kementerian Sosial (Kemensos) bakal melelang barang-barang mewah yang dihadiahkan oleh pihak tertentu dan pihak yang tidak terduga. Jumlah barang mewah tersebut mencapai 300 item, termasuk di antaranya mobil Rolls-Royce dan  Mercedes-Benz.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan, sebelum melakukan lelang pihaknya akan menempuh prosedur yang berlaku dulu, yakni koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Sudah pernah dilelang dulu, tapi ketentuannya kan harus ada periode enam bulan,” kata Risma dalam keterangannya, Rabu (24/2).

Selain mobil Rolls-Royce dan  Mercedes-Benz, jenis barang mewah yang dilelang ada juga kendaraan lainnnya, seperti mobil dan sepeda motor. Kemudian ada pula peralatan rumah tangga, logam mulia, alat telekomunikasi, peralatan elektronik, dan sebagainya.

Advertisement

Mantan Wali Kota Surabaya itu berharap ada kolektor dan dermawan yang mau membeli barang-barang hadiah milik Kemensos. Sebab, setelah barang mewah itu dilelang, hasilnya akan dikembalikan ke negara. Setidaknya dapat untuk menambah anggaran penanggulangan bencana.

Adapun mobil Rolls- Royce itu, kata Risma, merupakan barang undian dari maskapai Batik Air. Mobil itu rencananya dilelang senilai Rp 8,3 miliar di balai lelang.

“(Roll-Royce) itu undian dari Batik Air. Ya kami lelang umum itu harga perolehannya ini Rp 8,3 miliar. Harga perolehan saat tahun itu, nanti kita lihat hasil lelangnya ini yang Roll Royce saja,” beber Risma.

Dia menegaskan, setiap barang yang akan dilelang harus mempunyai harga perolehannya masing-masing. Nantinya ada proses pemberian nilai, yaitu berupa angka dan penaksiran atas benda dalam pelelangan barang-barang tersebut. “Nanti kita apprisal saat mau lelang. Saya minta apprisal umum harganya memang harga sesuai pasar,” ujar Risma.

Adapun proses lelang akan dimulai Maret 2021. “Ini sudah saya ajukan, mohon izin ke Bapak Presiden dulu kemudian setelah itu kami proses lelang, mudah-mudahan awal bulan Maret bisa mulai dilelang,” tegas wali kota Surabaya dua periode itu. (*)

Sumber : JP Group
Editor : Jamil Qasim