Total Football

Role Model Butuh Bersenang-senang 

Borussia Moenchengladbach vs Manchester City

Striker Manchester City Sergio Aguero. (F. Neil Hall/POOL/AFP)

batampos.id – Akhir dari sedekade Sergio Aguero bersama Manchester City atau pada pengujung musim ini diklaim tak berujung manis. Sebab, City dan Aguero tidak akan melanjutkan durasi kontrak yang habis pada musim panas tahun ini.

Kun –sapaan akrab Aguero– yang sudah berusia 32 tahun mulai dilupakan seiring semakin jarang bermain. Hanya sembilan laga yang dijalani musim ini. Tanpa Aguero, tactician City Pep Guardiola tetap mampu meracik tim yang produktif.
Namun, menghadapi Borussia Moenchengladbach dalam first leg 16 besar Liga Champions di Puskas Arena dini hari nanti (siaran langsung Champions TV 2 pukul 03.00 WIB), Pep bisa berubah pikiran. Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya.
Aguero berada dalam kondisi fisik bagus setelah hanya duduk manis di bangku cadangan pada tiga laga terakhir City. Padahal, striker berkebangsaan Argentina itu tidak sedang dalam situasi pasca pemulihan cedera meski didera tiga cedera berbeda musim ini. Aguero hanya baru menyelesaikan karantina mandiri karena terpapar Covid-19.
’’Kun membutuhkan waktu (untuk dipercaya bermain reguler lagi, Red) karena sudah terlalu lama tidak terlibat dalam tim. Kamu hanya bisa mendapatkan ritme permainan kalau sering bermain,’’ tutur Pep sebagaimana dilansir Manchester Evening News.
’’Aku pun tidak sabar melihat dia kembali dalam komposisi pemain (starting XI, Red) kami,’’ imbuh pelatih dengan catatan 128 laga di Liga Champions itu.
Ketimbang Gabriel Jesus yang inkonsisten sepanjang musim ini, Pep bisa memilih Aguero sebagai starter untuk posisi nomor 9 melawan Gladbach karena statistik golnya bagus melawan klub Bundesliga tersebut. Empat gol dikoleksi Aguero melawan Die Fohlen hanya dalam tiga pertemuan.
Satu lagi, ketika dalam kondisi fisik prima, Aguero adalah predator di depan gawang lawan. Kun sekaligus pembuka keran gol City di Eropa musim ini. Dialah yang mengawali gol City saat mengalahkan FC Porto 3-1 dalam matchday pertama fase grup (21/10/2020). Itulah satu-satunya laga Aguero dengan status starter di Eropa. ’’Aku cuma ingin menikmati sepak bola, bersenang-senang kembali ke lapangan,’’ ucap Aguero menyongsong laga di Puskas Arena kepada Sky Sports. 
Bukti bahwa ketajaman Aguero masih menjadi perhatian pemain lawan sudah tampak dalam ucapan striker Gladbach Marcus Thuram. Berbicara di laman resmi UEFA, putra mantan bek timnas Prancis Lilian Thuram itu menyebut Aguero sebagai salah seorang striker berbahaya di Eropa sampai saat ini.
’’Dia (Aguero) adalah salah satu role model striker di dunia. Aku pikir dia masih hebat dalam kondisinya saat ini,’’ ujar Thuram yang punya koleksi dua gol di Liga Champions musim ini. (*)
Sumber: JP Group
Editor: Jamil Qasim