Lifestyle

Saran Desainer Agar Tetap Gaya Meski Harus Pakai Masker Dua Lapis

Ilustrasi mengenakan masker dobel dan tetap fashionable (NJ Family)

batampos.id – CDC Amerika Serikat menyarankan penggunaan masker hingga dua lapis yakni masker medis dilapisi masker kain untuk mencegah varian virus Korona yang semakin menyebar. Dari sisi penampilan atau estetika fashion, bagaimana caranya agar terlihat tetap menarik meski wajah ditutupi masker berlapis?

Pencinta mode di seluruh dunia telah menemukan cara cerdik untuk mendandani penampilan dengan masker untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara menjadi fashion-forward dan bertanggung jawab secara sosial. Bagaimana caranya?

Pada pelantikan Presiden AS, Januari 2021, banyak pejabat termasuk ibu negara Jill Biden dan penyair Amanda Gorman mengenakan dua masker. Yaitu lapisan atas lebih berorientasi pada estetika dan lapisan kedua adalah varian yang lebih sederhana dan lebih fungsional.

Advertisement

BACA JUGA : Satgas Covid-19: Hindari Masker dengan Katup Udara, Celah Virus Masuk

“Sama seperti orang memilih untuk memiliki pakaian yang disesuaikan untuk pernikahan dan tatanan sosial mereka, banyak juga yang menggunakan sisa kain untuk dijahit menjadi masker yang serasi. Ini membuat tampilan lebih menyatu,” jelas desainer asal Mumbai, India, Murshida Kotyad seperti dilansir dari Mid-Day, Selasa (23/2).

Ahli komunikasi Geraldine DeBrass, yang mendesain masker, mengatakan bahwa selain menambahkan lapisan keamanan ekstra, masker berlapis memungkinkan seseorang bereksperimen dengan kain yang lebih tipis dan hiasan lainnya tanpa mengorbankan kenyamanan. Untuk membuat tampilan masker Anda lebih bergaya, Kotyad merekomendasikan bereksperimen dengan tali warna-warni untuk membuat kombinasi yang menarik.

Dalam hal keamanan dan kemanjuran, penelitian menunjukkan bahwa membuat ‘sandwich’ dengan dua masker yang terbuat dari kain yang lebih berpori dapat memberikan perlindungan lebih saat masker medis sudah tak efektif. Kemudian ada cara lainnya agar penampilan makin menarik.

Tambahkan Rantai

“Desember lalu, saya membeli sendiri rantai masker untuk estetika dan fungsionalitas,” kata seorang profesional pemasaran Amrita Chawla.

Rantai itu membuat aksesori unik dan mencegah kesalahan menempatkan masker. Selain membeli rantai masker khusus, Chawla menggunakan kembali rantai yang ditujukan untuk kacamata.

Bisa mengubah kalung manik-manik atau tali tas yang panjang menjadi rantai masker dengan menambahkan penjepit kecil. Lalu menggunakan jepitan mengikat ujung rantai ke masker.

Bagi anak-anak, membuat rantai masker dengan manik-manik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Banyak platform indie menawarkan gaya rantai masker yang dapat mengubah penampilan dari dasar hingga edgy. Karena masker akan menutupi bagian bawah wajah, bereksperimenlah dengan kacamata unik dan tampilan mata berani yang mencakup warna cerah, alis menarik dan bulu mata yang cetar.(*)

Reporter : Jpgroup
Editor : Andriani Susilawati