Bintan-Pinang

Warga Batam yang Buat Hutan Terbakar di Bintan Ditangkap Polisi

Pelaku pembakaran lahan di Kampung Limau Manis RT 001 RW 003 Desa Kuala Simpang Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan saat diinterogasi polisi usai ekspos tangkapan di Mapolres Bintan, Selasa (23/2/2021). (F.Slamet Nofasusanto/batampos.id)

batampos.id – Seorang pelaku pembakaran lahan di Kampung Limau Manis RT 001 RW 003 Desa Kuala Simpang Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, diamankan, Jumat (19/2/2021). Pelaku berinisial S diduga membuka lahan dengan membakar ranting di lahan sendiri.

BACA JUGA: Hutan di Tanjunguban Terbakar, Mobil Damkar Tanjunguban Rusak, Pemadaman Dilakukan Manual

“Pelaku warga Batam, dia diduga lalai saat membuka lahan milik sendiri dengan membakar ranting,” ujar Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono didampingi Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Dwihatmoko Wiroseno saat jumpa pers ekspos tangkapan kasus karhutla di Mapolres Bintan, Selasa (23/2/2021).

Advertisement

Awalnya, pelaku membersihkan kebunnya sendiri dan berniat membakar ranting-ranting kayu di kebunnya yang sudah kering mengunakan korek api gas. Namun setelah ranting tersebut terbakar anginpun bertiup kencang sehingga membuat sekitar lahan tersebut ikut terbakar.

“Kebun tersebut dikelilingi lahan gambut yang mudah terbakar hingga akhirnya menyebar luas hingga menghanguskan sekitar 10 hektare lahan lainnya,” ujarnya.

Karena panik, pelaku sempat berusaha memadamkan api ketika api mulai menyebar dan sempat meminta bantuan warga yang kebetulan rumahnya berada di dekat lahan tersebut untuk membantu memadamkan api. “Api makin membesar karena angin begitu kencang dan lokasi merupakan lahan gambut,” ujarnya.

Melihat ada asap yang tebal, RT setempat turun ke lokasi untuk memeriksa lokasi dan menemukan lahan pelaku terbakar dan melihat adanya kabel listrik yang ikut terbakar.

“Pak RT segera menelpon pihak PLN untuk memadamkan aliran listrik serta mengecek kerusakan kabel tersebut,” ujarnya. Dia mengatakan, pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Makopolres Bintan.

“Ya masih dimintai keterangan dan mempertanggungjawabkan atas kelalaiannya sehingga mengakibatkan kebakaran lahan tersebut,” ujarnya. (*)

Reporter: Slamet
Editor: tunggul