Covid-19

Zona Covid-19 Batam Mulai Menguning

Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi

batampos.id – Jumlah positif kasus Covid-19 terus bertambah, namun penanganan Pandemi Corona di Batam menunjukan perbaikan signifikan. Buktinya, wilayah berzona merah sudah tidak ada lagi. Sementara zona orange tersisa di Batam Kota dan Lubuk Baja. Sisanya, tujuh kecamatan di mainland berzona kuning.

Sedangkan tiga kecamatan penyangga tetap berzona hijau, yaitu Belakangpadang, Bulang, dan Galang. Hal ini berdasarkan data yang diterima dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Senin (22/2).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, penurunan daerah berzona orange ini dikarenakan seiring bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh. Hal ini juga didukung oleh semakin berkurangnya warga yang dirawat karena virus tersebut.

Advertisement

“Alhamdulillah sisa dua kecamatan yang zona orange,” katanya Selasa (23/2).

Apabila dibandingkan pekan lalu terdapat dua zona merah di Batam, yaitu Batam Kota dan Lubuk Baja, maka kini hampir seluruh kecamatan itu sudah menjadi zona kuning.

“Kita terus mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Tetap memakai masker, dan ingat pesan ibu 5M,” imbau Didi.

Data Terkini Covid-19 Kota Batam

Sementara itu berdasarkan data Satuan Tugas Covid-19 Kota menyebutkan, hingga 22 Februari 2021 ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam 5.847 orang, naik sembilan orang dengan jumlah pasien sembuh capai 5.610, dengan tingkat sembuh 95,94 persen.

Sembilan orang kasus baru itu terdiri dari delapan kasus konfirmasi tanpa gejala dan satu kasus bergejala. Jika dilihat dari data secara keseluruhan, kasus bergejala ini masih tertinggi yakni mencapai 2919 pasien. Sementara yang tak bergejala 2.020 pasien.

Hingga kini, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Batam telah memeriksa 28.875 RT PCR, dengan hasil 19.955 negatif dan 5.847 lainnya positif, sedangkan 73 sampel lain masih dalam proses (on proses).

Sementara bila melihat jumlah yang sudah dirapid tes mencapai 34.439 orang dengan rapid tes reaktif berjumlah 2.567 orang.

Bila berdasarkan kelompok umur, usia 26 sampai 35 tahun masih jadi usia tertinggi kasus Covid-19 di Batam. Disusul usia 36-45 tahun dan usia 17 tahun sampai 25 tahun.

Sementara itu pasien yang masih mendapat perawatan tercatat, ada tiga pasien di Kecamatan Batuampar, Sekupang dengan delapan orang, Batuaji lima orang, Sagulung sembilan orang, Sei Beduk sembilan orang. Bengkong dengan tujuh orang, Lubuk Baja dengan 17 orang, Nongsa 6 orang, Bulang satu orang dan Batam Kota 20 orang pasien. (*)

Reporter : RENGGA YULIANDRA
Editor : GALIH ADI SAPUTRO