Home

Rudi Yakin Batam Lebih Baik

Walikota Batam, Muhammad Rudi. (f. Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.id – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, optimistis perekonomian Batam akan bangkit mulai tahun 2021 ini, melalui rencana integrasi antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan BP Batam.

”Pembangunan infrastruktur terus digesa, baik infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, dan fasilitas wisata, seperti Taman Rusa dan Taman Danau Teratai, Sekupang yang terpadu dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sekupang,” kata Rudi, baru-baru ini, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam di Kantor Wali kota Batam.
Dengan rencana distribusi vaksin untuk kebutuhan seluruh penduduk Batam, Rudi yakin pada Juni 2021, makin menambah percaya diri masyarakat untuk beraktivitas, meski tidak sebebas dulu.
”Tapi yang penting tetap menjaga protokol kesehatan (protkes). Ini optimisme untuk menggeliatkan lagi perekonomian Batam ke depan,” kata Rudi yang juga Wali Kota Batam ini.
Sementara itu, GM Garuda Indonesia, Akbar, menyambut baik optimisme yang disampaikan Wali Kota Batam. ”Garuda mendukung dalam bentuk pembukaan jalur penerbangan logistik dari Batam langsung ke tujuan ekspor. Semoga bisa menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing Batam,” tuturnya.
Kepala Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Usaha BP Batam, Irfan Syakir Widyasa, memaparkan perkembangan data pergerakan pesawat dan kapal, penumpang, dan kargo di pelabuhan dan bandara. Serta rencana BP Batam mengembangkan jalur logistik udara untuk menekan biaya produksi dan meningkatkan daya saing industri yang ada di Batam.
Pada rakor tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Batam, Gustian Riau, menyampaikan mengenai permasalahan tata kelola distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar gas (BBG) di Kota Batam.
Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Mardanis, menyampaikan kesiapan Batam menghadapi hari besar keagamaan, yaitu bulan Ramadan dan Idulfitri yang sudah semakin dekat. (*)
Reporter : RIFKI SETIAWAN
Editor   : MOHAMMAD TAHANG