Karimun

10 Hektare Lahan dan Perkebunan Terbakar, Rumah Warga Terdampak Terpaksa Dikosongkan

Seorang warga tampak berupaya memadamkan api yang mengahuskan kebun rambutan

batampos.id – Sedikitnya sepuluh hektar lahan dan perkebunan karet di Kecamatan Kundur Utara ludes terbakar. Kebakaran yang terjadi sejak Jumat siang masih menyisakan kepulan asap dan sisa kebakaran. Kondisi ini disebabkan lahan gambut ditambah cuaca panas dan angin kencang.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan di Kundur Utara Hanguskan Satu Rumah Warga

Lurah Tanjungberlian Agus Kurniawan menyebutkan hasil pendataan sementara ada sepuluh hektare lahan produktif hangus terbakar. Sementara ada 38 kepala keluarga yang terdampak langsung akibat kebakaran lahan dan hutan tersebut. Sedangkan satu unit rumah juga ludes terbakar dan ada beberapa unit rumah dikosongkan karena dikepung api.

Advertisement

“Ada beberapa rumah yang berdampak langsung akibat kebakaran dan sudah dikosongkan termasuk kantor urusan agama (KUA). Kita juga sudah mendirikan posko kebakaran di rumah ketua RT setempat, “kata Agus.

Posko kebakaran didirikan di halaman ketua RT setempat guna memudahkan koordinasi

Agus juga mengatakan satu orang korban Hamidah yang rumahnya terbakar juga sudah kita santuni baik dari kelurahan juga puskesmas Tanjungberlian. Karena rumahnya terbakar korban sekarang mengungsi di rumah saudaranya. Untuk saat ini banyak warga masyarakat dari karyawan PT Timah, Damkar Kecamatan Kundur, Organisasi masyarakat, Sat Pol PP, pemuda, TNI Polri, bergerak bersama memadamkan api. Bersyukur saat ini sudah berkurang tinggal mengantisipasi dan berjaga-jaga agar api tidak merambat ke lahan lainya. (*)

Reporter: Imam Suksrno
editor: tunggul